evanyzd
Wizard Level 21
29 Juli 2015 - 09:32

AMD Siap Untuk Windows 10

AMD mengumumkan kesiapannya dalam menyambut peluncuran Windows 10 yang akan hadir hari ini. Secara umum, AMD memberikan janji peningkatan performa apilkasi yang berjalan di Windows 10 , dengan cara mengaktifkan feature-feature Windows 10 serta menghadirkan pengalaman hiburan yang premium dengan Windows 10.

Untuk para gamer, AMD pun turut menjanjikan peningkatan performa dari level low end gaminghingga extreme gaming. Sejauh ini telah terdapat dua buah judul game yang mendukung DirectX 12 dengan menggunakan GPU dari AMD yaitu Deus EX : Mankind Divided dan Ashes of Singularity. Namun, judul-judul game yang lain pun akan segera menyusul.

 

Beberapa aplikasi Windows 10 yang mendapatkan benefit akselerasi dari prosesor AMD adalahMovie dan TV Player, Microsoft Edge Browser (pengganti Internet Explorer), Modern UI dari Windows 10 serta Windows Bitlocker. Sedangkan feature yang memanfaatkan kinerja dari AMD seperti contoh wireless display, fast file extraction, remote desktop dan Windows 10 driver model WDDM 2.0. Lalu di bidang entertainment Windows 10 AMD pun telah support untuk DirectX 12 serta, Explicit MGPU rendering.

Untuk feature Windows 10 Movie dan TV Player, AMD mengoptimalkan tampilan lewat hardware yang AMD sediakan. Lalu untuk browser Microsoft Edge Browser, AMD mengoptimalkan tampilan graphic untuk HTML5 dan WebGL. Beberapa keunggulan menggunakan DirectX 12 berbasis AMD antara lain adalah lebih unggul ketika menggunakan multi core CPU dimana akan terjadi pengingkatan frame per second yang signifikan. Detail akan makin terlihat serta terlihat lebihsmooth. Keunggulan lainnya adalah lebih efisien dalam penggunaan daya listrik yang dibutuhkan.

Secara garis besar untuk DirectX 12, AMD memberikan peningkatan performa melalui multi core CPU. Dengan penggunaan multi core CPU, kinerja graphic akan meningkat secara dramatis. Namun, dengan menggunakan DirectX12, CPU yang disupport hanya mencapai 6 core saja.

Sedangkan untuk kartu graphic add on, AMD memberikan feature Async Shader dengan keuntungan meningkatkan frame per second. Salah satu metodenya adalah pararelling workloadsehingga job yang dikerjakan oleh GPU dapat dikerjakan lebih cepat.

Dengan Async Shader AMD menjanjikan kenaikan frame per second hingga 29 fps. Beberapa hal yang berubah adalah konsep tentang multi GPU, di mana beberapa tahun lalu multi GPU diwajibkan menggunakan GPU yang sama. Namun, dengan DirectX 12 hal itu tidak diperlukan lagi. Dengan GPU yang berbeda, pengguna pun dapat menggunakan multi GPU secara maksimal

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar