evanyzd
Wizard Level 21
28 Juli 2015 - 09:52

Mili iData, USB On The Go-nya Apple

Sehebat apa pun yang ditawarkan oleh iCloud (termasuk sistem kemanannya), tetap saja tak sedikit pengguna produk Apple yang memilih cara konvensional ketika menyimpan data. Persoalannya perangkat iPad atau iPhone adalah milik pribadi. Artinya data-data yang tersimpan di MacBook atau komputer, yang merupakan file-file pekerjaan terpisah dari file pribadi. Ditambah lagi, meski sudah tersinkron, pengguna ogah ribet, lagi-lagi memindahkan data melalui flash disk jauh lebih gampang dilakukan.

Untuk perangkat Android lebih kompatibel, karena menggunakan microUSB (Universal Serial Bus). Jika memiliki kemampuan USB on the Go (OTG), lebih gampang mencolokkan flashdisc biasa ke smartphone atau tablet.

Lalu bagaimana dengan pengguna produk Apple?

Solusi telah disiapkan oleh Mili. Sebuah produk dengan tugas layaknya USB OTG pada Android bisa menyelesaikan persoalan. Dimensinya unik, tak seperti flash disc. Kira-kira setengah ukuran kotak korek api. tetapi lebih tipis (7,7 mm).  Desainnya match dengan produk Apple yang umumnya simple. Kulit bodinya terbuat dari aluminium sehingga sangat ringan (11,7 gram).

Pada bagian ukung dilengkapi dengan colokan microUSB (Apple Lightning) khasnya iPhone 5 ke atas yang memiliki 8 pin dock, dengan kemampuan high-speed transfer 2.0.  Apple lightning sendiri merupakan paten Apple yang menggantikan konketor 30 pin lawas yang dimiliki oleh iPhone 4 dan sebelumnya. Sementara itu, di bagian pantat dilengkapi rongga microUSB biasa untuk menyelarasakan dengan standar umum, sehingga produk bernama iData ini kompatibel dengan lebih banyak perangkat.

Proses transfer data pun simple dan sangat user friendly. Opsi “Internal Storage” digunakan untuk memindahkan data dari  iPhone/iPad/iPod ke iData. Sedangkan opsi “External Storage” untuk sebaliknya.

Mili menyiapkan empat varian memori; 16 GB, 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Untuk 16 Gb dilego sekitar Rp 1 jutaan, sedangkan 32 GB dijual sekitar Rp 1,2 jutaan. Untuk satu paket terdiri dari 1 unit iData lengkap dengan penutup, kabel  microUSB to USB

 

Sumber: Chip

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar