evanyzd
Wizard Level 21
27 Juli 2015 - 09:47

Hotel Ini Pekerjakan Robot untuk Layani Wisatawan

Saat bepergian, hotel menjadi pilihan utama untuk menginap dan melepas lelah. Para pekerja hotel akan lalu-lalang menjamu para tamu dengan senyuman dan sapaan ramah, tapi bagaimana jika sapaan tersebut terlontar dari robot?

Sebuah hotel di Jepang memulai inovasi baru di dunia perhotelan dengan menggunakan robot sebagai petugas hotel menggantikan manusia. Meski ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dilakukan, secara keseluruhan robot-robot ini bekerja dengan baik.
 
The Weird Hotel atau dalam bahasa Jepang bernama Henn na Hotel, merupakan hotel robot  yang pasti menarik untuk dikunjungi. Dengan harga Rp 1.080.000, tamu bisa menikmati pelayanan dari para robot canggih ini.
 
Saat pertama kali masuk ke dalam hotel ini, tamu akan disambut oleh tiga robot berjenis dinosaurus, perempuan, dan android kecil yang akan memandu untuk melakukan pemesanan. Tamu akan diminta untuk mengisi informasi seputar pemesanan pada layar sentuh.
 
Ketika akan menuju kamar, tamu bisa menitipkan barang bawaan untuk diangkut oleh robot troli yang akan memberikan kepada robot yang berbentuk lengan raksasa. Saat sampai di depan kamar, kunci yang digunakan bukan lagi menggunakan kartu, tapi pemindai wajah. Hotel ini menjadi daftar pertama yang sudah menerapkan teknologi super canggih dan aman.
 
Sesampainya di kamar, barang bawaan akan diantarkan oleh robot troli yang memiliki robot kecil dengan kemampuan menjawab pertanyaan seputar waktu dan cuaca. Ada juga robot petugas sarapan yang bisa memberikan rincian tiap jenis makanan sarapan yang disajikan.
 
Kecanggihan lainnya dari Henn na Hotel, suhu kamar dipantau dengan teknologi yang mendeteksi panas tubuh, dan tamu dapat membuat panggilan layanan kamar menggunakan tablet. Sampai saat ini pekerjaan yang belum bisa dilakukan oleh robot adalah menjaga keamanan dan memberikan pelayanan kamar secara keseluruhan.
 
Hideo Sawada sebagai orang yang menjalankan hotel ini meyakinkan bahwa direncanakan akan ada robot yang bisa melakukan pelayanan kamar di waktu mendatang.
Apakah post ini bermanfaat?

Komentar