Bima Satria
Master Level 25
24 Juli 2015 - 18:53

Hayo, Berapa Kali Lo Browsingan Dalam Sehari?

Internet yang kian merakyat membuat pengguna semakin tergantung dengan dunia maya. Coba dihitung dalam sehari, berapa situs yang lo kunjungi? Menurut data yang dikumpulkan Baidu Browser selama Q2 2015, rata-rata pengguna mengunjungi 31 situs web per harinya. Adapun rata-rata waktu yang mereka habiskan untuk menjelajah mobile internet setiap harinya adalah sebanyak 26 menit.

Baidu juga mengungkap total jumlah pencarian yang dilakukan oleh pengguna di browser besutannya yang mencapai lebih dari 33 juta pencarian. Sementara, dalam periode yang sama, total jumlah halaman web yang dikunjungi oleh pengguna (total page views) mencapai lebih dari 1,5 miliar. Sama seperti pada Q1 2015, daftar pencarian populer berdasarkan kategori di Baidu Browser selama Q2 2015 masih didominasi oleh kategori hiburan dan teknologi. Berikut daftar pencarian populer berdasarkan kategori yang dilakukan oleh pengguna Baidu Browser di Indonesia selama Q2 2015:

1. Hiburan (sebanyak 46,4%)
Kata kunci yang masuk dalam kategori ini antara lain berhubungan dengan konten dewasa, musik dan film, serta komik, gambar, dan cerita.
2. Teknologi (31,4%)
Kata kunci yang masuk dalam kategori ini berhubungan dengan layanan e-commerce, portal berita, serta layanan email, search engine, dan media sosial.
3. Berita dan Gosip (17,3%)
Kata kunci yang paling banyak digunakan dalam kategori ini antara lain berhubungan dengan layanan Gojek, pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Anlo, serta pembunuhan Engeline.

Menilik hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pengguna memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta ingin membaca dan mencari informasi tentang hal-hal yang menghibur, serta topik-topik yang ringan dan santai.

Berikut adalah kategori-kategori berita di Baidu Browser yang paling banyak dibaca oleh para pengguna di Indonesia:
1. Nasional (26,6%)
2. Hiburan (22,0%)
3. Gaya Hidup (21,3%)
4. Internasional (13,3%)
5. Politik (8,6%)

Temuan di atas cukup menarik, sebab pada Q2 2015, kategori berita hiburan menempati posisi kedua teratas, sementara kategori politik hanya menempati posisi kelima. Padahal, jika menilik ke belakang, pada Q1 2015 kategori hiburan menempati posisi keempat dengan porsi sebesar 14% dan kategori berita politik menempati posisi kedua dengan porsi sebesar 22%.  Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa berita tentang berbagai hal yang terjadi di dalam negeri masih menjadi daya tarik nomor satu bagi para pembaca di Indonesia. Selain itu, mereka juga menyukai bacaan yang santai dan menghibur.

Ada pula kecenderungan mereka mulai jenuh dengan berita-berita politik yang terjadi selama Q2 2015, meskipun berita politik masih menjadi berita yang paling banyak mereka baca.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar