evanyzd
Wizard Level 21
22 Juli 2015 - 15:16

Terburuk dalam Sejarah, Microsoft Rugi USD 3,2 Miliar

 

Kapal besar Microsoft tengah dihantam ombak besar. Hal ini setelah laporan keuangan raksasa teknologi itu menunjukkan kerugian bersih (net loss) USD 3,2 miliar di Q4 tahun fiskal 2015.

Financial Times bahkan menyebut jika kinerja keuangan kuartal Microsoft kali ini sebagai yang terburuk dalam sejarah. Bandingkan dengan kuartal yang sama di tahun lalu dimana perusahaan yang didirikan Bill Gates itu sukses meraup untung (net income) USD 4,6 miliar.

Disebutkan bahwa tantangan terbesar Microsoft datang dari lesunya pasar PC dan semakin perkasanya perangkat mobile.

Microsoft sejatinya sudah mewanti-wanti kondisi ini dengan jalan mengakuisisi unit bisnis ponsel Nokia. Namun sayang, akuisisi lebih dari USD 7 miliar itu belum mampu berkontribusi nyata.

Dalam laporannya, Microsoft memaparkan bahwa motor penjualan mereka masih datang dari consumer market. Dimana pertumbuhan penjualan tablet Surface mencapai 117% menjadi USD 888 juta dan bisnis game Xbox merangkak naik 27%. Secara total, bisnis computing dan gaming hardware Microsoft meraup hampir USD 2 miliar pada laporan kuartal yang berakhir 30 Juni lalu.

Pun demikian, kedua produk itu nyatanya tak mampu menyelamatkan rapor penjualan unit bisnis consumer yang turun 13% menjadi USD 8,7 miliar.

Revenue dari produk Office di pasar consumer anjlok 42%. Sedangkan di pasar commercial, Office turun 18%. Penjualan sistem operasi Windows terhadap vendor PC juga terjun 22%. Hal ini disinyalir lantaran para vendor sengaja menunggu kedatangan Windows 10 yang akan dirilis 29 Juli 2015.

CEO Microsoft Satya Nadella mengungkapkan bahwa Windows 10 pula yang akan jadi penyelamat Microsoft ke depannya. "(OS Windows 10) akan membawa Windows tumbuh," sebut Satya, seperti dilansir New York Times saat berbincang dengan analis.

 

Sumur: detik

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar