evanyzd
Wizard Level 21
27 Juni 2015 - 18:45

Google Play Luncurkan Radio Streaming Gratis

 
Google Play mengembangkan usahanya ke radio internet, menjadi pemain streaming terakhir yang menyediakan konten gratis di tengah-tengah ramainya kontroversi di antara para artis. 
 
Layanan streaming milik raksasa mesin pencari internet mengatakan mereka meluncurkan sebuah jaringan radio online terpilih yang akan digratiskan bagi para pendengarnya dengan dukungan iklan. Pelanggan Google Play, yang membayar 9,99 dolar AS per bulan, akan bisa mendengarkan jaringan radio tersebut tanpa iklan. 
 
Jaringan itu akan tersedia di telepon-telepon Android Google juga di IPhone milik pesaingnya, Apple. Untuk langkah awal, jaringan ini hanya akan beroperasi di Amerika Serikat, mengingat begitu kompleksnya peraturan radio di seluruh dunia. 
 
Google meluncurkan jaringan itu setahun setelah setahun lalu membeli layanan streamingSongza, yang menyesuaikan musik dengan para pendengarnya berdasarkan kesukaan dan aktivitas mereka. 
 
Menggunakan model Songza, jaringan radio Google Play akan menawarkan saluran dengan musik yang disesuaikan dengan tema-tema harian seperti "mengundang teman-teman” dan “bersenang-senang di kantor.” 
 
Langkah ini menempatkan Google Play dalam persaingan dengan Internet atau stasiun-stasiun radio seperti Pandora dan Sirius XM. Selain itu, Google Play kemungkinan menarik pengguna pemimpin streaming, Spotify – meskipun ada keberatan dari para artis – memiliki deretan musik gratis sesuai permintaan yang didukung iklan. 
 
Apple meluncurkan layanan streaming yang diperbarui pekan depan ketika pembuat iTunes melihat para penggunanya berubah ke platform sesuai permintaan dan tak terbatas. Apple Music awalnya tidak berniat untuk membayar royalti dari streaming selama masa percobaan tiga bulan gratis bagi pelanggan, tapi tiba-tiba mengubah kebijakannya ketika ada protes vokal dari superstar pop Taylor Swift.
 
Google Play dengan cepat menekankan bahwa mereka membayar royalti untuk layanan gratisnya. Jaringan radio itu menawarkan “Anda cara baru untuk menemukan musik yang tepat – dan (memberikan) para artis cara lain untuk memperoleh pendapatan," Google menuils di blog resminya. 
 
Para pemain lain di gelanggang streaming yang berkembang pesat ini antara lain Deezer, Rhapsody, Rdio dan Tidal, yang dipimpin oleh konglomerat rap Jay-Z.
 
 
 
Sumber: Sinar Harapan
Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    wah asik kalo gratisan kaya gini wkwkw
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    indonesia suka gratisan wkwkkw