evanyzd
Wizard Level 21
25 Juni 2015 - 21:07

Tiga Alasan Facebook Lite Cocok untuk Indonesia

 

Setelah lama dinanti, aplikasi Facebook Lite akhirnya diluncurkan juga di Indonesia. Mulai hari ini, Kamis (25/6/2015), aplikasi yang ditargetkan untuk smartphone Android low-end itu sudah tersedia di Google Play Store Indonesia.

Shankar membeberkan bahwa aplikasi Facebook Lite dibangun dari awal, sama sekali tidak mengambil arsitektur aplikasi Facebook original versi Android. Dengan cara tersebut, tim pengembang Facebook Lite dikatakan bisa lebih leluasa dalam mengatasi masalah yang ada di aplikasi Facebook versi Android.

Masalah tersebut adalah perangkat yang tidak memiliki spesifikasi yang kurang tinggi, jaringan internet lambat, dan kapasitas media penyimpanan kecil. "Facebook Lite mampu menjawab tiga permasalahan yang ada," ujar Shankar.

Menurut Shankar, mengutip data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sekitar 70 persen pengguna smartphone di Indonesia masih mengakses internet menggunakan jaringan 2G. Koneksi tersebut memang kurang cepat untuk mengakses berbagai situs, termasuk Facebook.

Nah, karena karakteristik aplikasi yang tidak membutuhkan begitu banyak bandwidth internet, Shankar mengklaim Facebook Lite bisa dibuka dengan cepat, meskipun ada di jaringan 2G. Lagipula, kebanyakan foto yang ditampilkan sudah hasil kompresi membuat data yang "dimakan" semakin kecil.

"Semua sebenarnya tergantung penggunaan sehingga belum diketahui besarnya penghematan data. Akan tetapi, jika dibandingkan, penggunaan data di Facebook Lite jauh lebih kecil dari aplikasi Facebook biasa," ujar Shankar.

Selain itu, Facebook tidak memasukkan fitur-fitur dan desain yang dianggap memberatkan sistem. Oleh karena itu, Facebook Lite mampu bekerja dengan "ringan", bahkan lebih optimal, di Android.

Adapun, Facebook Lite hadir dengan memori instalasi yang sangat kecil, hanya sekitar 430 KB, membuatnya tidak memberatkan kapasitas penyimpanan.

"Anda tidak perlu lagi menghapus aplikasi lain, jika memori kepenuhan," tutur Shankar.

Meski hadir lebih ringan dan lebih kecil dari versi original, Shankar menyatakan bahwa pengguna Facebook Lite akan mendapatkan pengalaman yang tidak jauh berbeda. Fungsi-fungsi dasar Facebook, seperti unggah status, foto, memberikan komentar, dan membagikan tautan berita.

Hanya saja, saat ini aplikasi Facebook Lite belum bisa digunakan untuk memutar video.

"Video dapat memberatkan aplikasi dan juga menyedot internet dengan cukup besar. Oleh karena itu, kami belum menghadirkan fitur tersebut," bebernya.

Facebook Lite merupakan versi penyederhanaan dari situs mobile Facebook yang pernah digunakan pada tahun 2009-2010 lalu. 

Namun Facebook menambahkan beberapa fungsi modern, seperti push notification serta integrasi aplikasi dengan kamera di ponsel agar pengalaman yang didapat pengguna menyerupai aplikasi Facebook di smartphone premium.

 

Download Facebook Lite di sini

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20
    hemat kuota nih :v
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    buat fakir kuota :v
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    atas ane fakir kuota :v