evanyzd
Wizard Level 21
24 Juni 2015 - 08:58

YouTube For The Blind, Untuk Kaum Tunanetra

 

Think.Web resmi mengumumkan kehadiran situs video portal khusus YouTube For The Blind. Sesuai dengan namanya, ini adalah situs video untuk para tunanetra yang hadir berkat hasil kerja sama Think.Web dengan Yayasan Mitra Netra.

Situs ini menjanjikan pengalaman menonton video layaknya orang normal bagi para tunanetra. Secara teknis, untuk para tunanetra, website ini dapat diakses melalui PC atau notebook. Setiap video yang tersedia sudah dilengkapi dengan fitur text to speech dan screen reader. Artinya, saat memutar satu video, akan muncul teks seperti sebuah terjemahan, tetapi terjemahan ini berupa deskripsi dari adegan yang ditampilkan. Teks ini kemudian juga dibaca oleh seorang narator.

"Saat ini, karena masih dalam tahap awal project, pendeskripsian adegan dalam video dilakukan oleh karyawan Think.Web yang sukarela membantu. Namun, kami ingin membuka kesempatan ini secara umum untuk siapa saja yang ingin menjadi relawan," kata Ramya Prajna, co-founder Think.Web.

Dia menjelaskan, YouTube For The Blind menggunakan konten video yang tersedia di YouTube. Think.Web sendiri belum menjalin kerja sama dengan YouTube terkait kehadiran situs ini. Mereka sudah menghubungi pihak Google Indonesia, tetapi sampai diluncurkan, pihak Google belum memberikan tanggapan.

Jenis video yang tersedia memang masih terbatas. YouTube For The Blind sejauh ini menyediakan film pendek, dokumenter, hiburan, how to. Perluasan jumlah konten video akan sangat bergantung dari masukan para pengguna. Saat ini, Anda sudah bisa mengunjungi youtubefortheblind.com untuk melihat lebih jauh. 

 

Sumur: MetroTV

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25
    keren juga nih
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Wah ane pernah liat nih di TV, tapi sayangnya masih terbatas video-videonya, tapi idenya emang keren