Bagus Satria Wira Kusuma
Wizard Level 21
16 Juni 2015 - 18:11

Apple Menolak TDKN Pemerintah Indonesia

 

Rencana pemerintah untuk mendorong industri lokal dalam kebijakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sempat ditolak Apple. Namun kebijakan itu jalan terus, seperti dipaparkan Men‎kominfo Rudiantara.

"Untuk TKDN masih butuh sekali lagi pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian," kata menteri yang akrab disapa Chief RA dalam rapat dengar pendapat di Komisi I DPR RI, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

 

Tujuan dari pertemuan itu, menurutnya, untuk membahas finalisasi kebijakan sebelum akhirnya resmi dieksekusi terhitung mulai 1 Januari 2017. Supaya nantinya setelah Peraturan Menteri soal TKDN ini ditandatangani sudah tak ada lagi beda pemahaman, dan kebijakannya bisa berjalan beriringan di tiga kementerian. Regulasi TKDN berbentuk Peraturan Menteri dari tiga kementerian ini rencananya akan ditandatangani pada Juni 2015 ini. Setelah melalui konsultasi publik, angka yang diharapkan adalah 30% untuk perangkat pengguna akhir dan 40% untuk perangkat jaringan.

Rudiantara pun menanggapi dengan santai penolakan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple terkait regulasi TKDN. Menurutnya, penolakan itu bukan sebuah masalah besar.

“Jika Apple menolak yang tidak masalah. Itu hak mereka. Namun kalau mereka melihat bisnisnya, walaupun untungnya sedikit pasti akan masuk juga kok,” ujarnya santai.

 

Dia menekankan, yang menjadi penting adalah pihaknya telah melakukan konsultasi publik sebelum regulasi tersebut diresmikan. Jika ada pihak-pihak yang tidak sepakat, dia tidak akan mempermasalahkan atau memaksa. Sedangkan dari sisi TKDN untuk jaringan, dia tidak menemukan permasalahan. Pasalnya para vendor penyedia jaringan sejauh ini telah memenuhi syarat TKDN.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20
    wajar gan menolak soalnya pasti pihak Apple ga mau rugi gan :v
  • Bima Satria
    Master Level 25
    waduh nasin iPhone tahun depan gimana dong
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    waduh nasin iPhone tahun depan gimana dong
    ga dijual gan wkwkwk
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    ga dijual gan wkwkwk
    dijual tp biasalah haha
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    waduh nasin iPhone tahun depan gimana dong
    Ya ngga usah pakai iPhone gan