Arif Nur Ridwan
Wizard Level 22
09 Juni 2015 - 15:12

Akhirnya Apple Merilis iOS 9, Simak Fitur Terbarunya Disini!

Akhirnya Apple mengumumkan sistem operasi mobile iOS 9 dengan 4 sektor peningkatan yaitu, Aplikasi terbaru, Multitasking, Intelligence dan Foundation dalam acara WWDC yang digelar tadi malam.

Aplikasi

Apple berjanji sebelumnya kalau iOS 9 akan fokus pada perbaikan, stabilitas, peningkatan performa dan keamaan. Dan memang benar karena Apple sama sekali tidak merombak desain pada iOS 9 namun mereka menghadirkan beberapa aplikasi baru maupun aplikasi lama yang sudah dipoles kembali seperti News, Notes, Maps, Wallet dan CarPlay.

News

Fitur Multitasking

Multitasking

Untuk pertama kalinya, Apple memperkenalkan fitur multitasking khusus untuk perangkat iPad pada iOS 9 ini. Dengan fitur tersebut, lo bisa menggunakan dua aplikasi aktif sekaligus pada satu layar gan tanpa meninggalkan aplikasi yang telah dibuka sebelumnya.

 

Siri

Siri

Siri apda iOS 9 hadir dengan desain baru ala Apple Watch dan fitur pencarian yang lebih pintar. Ketika lo mencari sesuatu dengannya, Siri akan langsung menampilkan informasi terkait di layar dengan cepat. Siri bahkan mengerti kebiasaan lo dalam mendengarkan musik. Ketika lo memasukkan earpod, Siri akan langsung menampilkan lagu untuk diputar.

Quicktype

Quicktype

Keyboard di perangkat iPad dengan iOS 9 kini hadir dengan fitur Quicktype yang lebih lengkap, seperti tombol cut, paste, copy, bold, italic, underline, dan attachment yang terletak di sebalah kiri dan kanan. Menariknya, tombol tersebut nantinya bisa dikustomisasi untuk mendukung aplikasi pihak ketiga.

 

Foundation

Performance

Fokus utama iOS 9 yang terakhir adalah Foundation yaitu perbaikan dan peningkatan performa sistem agar berjalan lebih cepat, responsif, mudah diupdate, penggunaan baterai yang lebih baik, dan keamanan yang lebih ketat. 

Apple mengatakan bahwa performa iOS 9 akan lebih cepat, dan responsif dari iOS 8 berkat penggunaan Metal. Metal akan menggunakan prosesor dan grafis secara efisien sehingga pengoperasaian menjadi lebih halus dan responsif. Daya tahan baterai di iOS 9 juga kini lebih baik. Apple telah mengefisienkannya dengan mengurangi penggunaan baterai untuk digunakan sistem operasi berkat adanya ambient light dan sensor proximity yang akan secara otomatis mematikan layar ketika perangkat iOS diletakan terbalik.

Ukuran file update iOS 9 juga kini telah dipangkas menjadi hanya 1,3GB saja dari 4,8GB yang ada iOS 8. Sehingga membuat proses update berjalan dengan cepat, mudah, dan efisien.Terakhir adalah peningkatan di sisi keamanan perangkat iOS 9. Apple menghadirkan fitur kemanaan berlapis di iOS 9 yang akan membuat perangkat milik lo tak dapat diakses oleh orang yang tak bertanggung jawab.

 

Mau tau perangkat apa aja yang bisa upgrade ke iOS 9? simak di Ini Dia Daftar Perangkat Apple yang Support iOS 9!

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20
    nunggu yang resminya aja ahhh cool
  • Bima Satria
    Master Level 25
    jadi lebih semooth katanya nih!
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    ini mah fitur yang ada di Android wkakak
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Wah makin mantap aja tuh