evanyzd
Wizard Level 21
09 Juni 2015 - 12:44

Fitur-Fitur Baru iOS 9 Sudah Ada Di Android

 

Setiap tahun, Apple merilisupdate untuk operating system (OS) mereka di ajang Wold Wide Developers Conference (WWDC). Tahun ini, eventtersebut digelar Senin (8/6) di mana perusahaan itu mengumumkan OS terbaru untuk iPhone dan iPad: iOS 9.

Update ini akan memberikan iPhone sebuah tampilan dan fitur-fitur baru. Tapi ternyata fitur-fitur baru itu sudah ada di Android sejak lama. Apa saja fitur-fitur yang dianggap meniru Android itu?

Fitur reminders

Siri akan menjadi lebih pintar di iOS 9. Undangan-undangan dari email akan secara otomatis ditambahkan ke kalender iPhone atau iPad. Asisten suara Apple itu akan mengingatkan para pengguna kapan mereka harus berangkat menghadiri undangan, bahkan mempertimbangkan kondisi lalu lintas. Terdengar familiar? Hal ini karena fitur ini serupa dengan fitur Google Now di Android dan bahkan iOS.

Rute angkutan umum

Apple Maps akan segera memiliki kemampuan untuk menyertakan rute angkutan umum seperti kereta dan bus. Craig Federighi, senior vice presiden of software engineering Apple berkata Apple Maps akan bisa memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk berbagai rute transit. Dan bahkan mempertimbangkan waktu yang diperlukan untuk berjalan ke kereta.

Google Maps memiliki fitur-fitur yang sama di Android, iOS dan situsnya. Bahkan, Google sudah mengumumkan fitur ini untuk Android pada 2011.

Split-screen multitasking

iPad akan mendukung penggunaan dua aplikasi secara bersamaan. Fitur ini disebut split-screen multitasking menjadi fitur yang paling sering diminta sejak iPad dirilis pada 2010. Apple terlambat menyediakan fitur ini. Memang fitur ini tidak tersedia di Android, tapi banyak produsen smartphone dan tablet menawarkan fitur ini, contohnya Samsung dan LG.

Mode low-power

Daya tahan baterai menjadi masalah yang ada pada smartphone dan tablet saat ini. Apple berusaha mengatasi masalah ini dengan mode low-power pada iOS 9. Saat diaktifkan, daya tahan baterai akan ditambah hingga 3 jam.

Tapi fitur penghemat baterai ini bukanlah hal baru untuk para pengguna Android. Hampir semua smartphone Android baru dari HTC, Samsung, Motorola dan LG memiliki fitur ini. Produk Samsung bahkan memiliki mode ultra power-saving yang bisa meningkatkan daya tahan baterai hingga 12 hari. Google sendiri akhirnya merilis fitur ini di Android 5.0 Lollipop.

Sumber: TimLo & CNET

 

 

Mungkin kalian tertarik dengan ini:

Video Zenfone 2 RAM 4GB Multitasking GAME BERAT, LANCAR JAYA GAN!

Kocak Asli, Game SEMPAK JONES Buat Para JONES NIH LOL!

Yuk, Nonton Video 360° di Youtube Dengan Ponsel Android Kalian!

Gokil, Skor Benchmark Redmi 2A tembus 20 Ribu lebih!

5 Game Android Terbaik dan Paling Populer

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20
    yoi gan split screen baru ada di iOS 9 , sedangkan di android udah kapan tau -__-
  • Bima Satria
    Master Level 25
    tp lebih canggih kalo apple yang buat heuheueh
  • Risky Wijaya Praba Saputra
    Professor Level 14

    enakan pake lolipop :3