Arif Nur Ridwan
Wizard Level 22
08 Juni 2015 - 14:58

Waspada Malware Ransomware Di Perangkat Komputer Kalian!

 

Haduh ada program jahat yang lagi marak sekarang ini yaitu malware Ransomware . Apabila komputer kalian sudah terinfeksi malware tersebut maka data yang terkena enkripsi tidak akan dapat dikembalikan seperti semula kecuali oleh si penjahat cyber itu! Ransomware adalah jenis malware yang mengambil data korban dengan cara melakukan enkripsi data yang sangat penting, jika sudah terjadi maka data tersebut akan dia acak acak sehingga kita tidak bisa melihat data aslinya .Nah, data yang sudah dienkripsi tersebut ternyata tidak dapat diperbaiki sendiri oleh pengguna karena mereka harus menggunakan password untuk mengembalikannya.Password itulah yang "dijual" oleh penjahat cyber untuk mendekripsi ulang data.

"Bahkan perusahaan antivirus tidak bisa membantu korban, jika datanya sudah terenkripsi malware," kata Alfons Tanujaya, analis Vaksin, dalam seminar "Age of Ransomware" di Jakarta, Selasa (26/5/2015). Untuk "membeli" password dari si penjahat itu pun dipastikan bukan perkara yang mudah. Alasannya, si penanam Ransomware biasanya meminta uang dalam mata uang cyber, Bitcoin.

Cara yang paling aman adalah backup data penting di komputer kalian agar jika terjangkit malware ini, kalian bisa membackup nya kapanpun.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20
    waah harus waspada ini, biasanya darimana sih sumbernya?
  • Bima Satria
    Master Level 25
    wah kacau ada malware kaya gini
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    wah kacau ada malware kaya gini
    harus rajin2 backup gan
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    wah makin ngeri aja nih
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Mau backup juga tempat backupnya rada ngga aman juga