Arif Nur Ridwan
Wizard Level 22
25 Maret 2015 - 15:58

Macam Macam Sensor di Smartphone

Semakin kesini, teknologi canggih banyak dibenamkan pada beberapa perangkat smartphone entah itu Android, iOS atau Windows Phone. DIbawah ini lo akan mengetahui berbagai Sensor yang ada saat ini beserta fungsinya. Cekidot aja gan!

1. Accelerometer

Sensor ini adalah salah satu sensor wajib di platform Android, sensor ini berfungsi untuk mengukur percepatan atau mendeteksi serta mengukur getaran dan gerakan. Sensor ini mendeteksi pergerakan seperti shake atau tilt. Kalian bisa menemukan sensor ini saat layar berubah otomatis dari mode potrait ke mode landscape atau saat memainkan game jenis balap yang menggunakan cara mengemudi dengan memiringkan posisi smartphone.

2. Gyroscope

Sensor ini hampir mirip dengan accelerometer yang mendeteksi rotasi sebuah perangkat melalui pergerakan atas, bawah, kiri, kanan, maju dan mundur. Sensor ini tidak membutuhkan gravitasi seperti sensor accelerometer. Sensor ini banyak ditemukan pada perangkat mid end sampai high end. Namun sudah banyak smartphone low end yang memakai sensor ini seperti Android One. Sensor ini bisa kalian temukan saat bermain game FPS seperti Modern Combat.

3. Ambient Light

Sensor mempunyai fungsi untuk mendeteksi berbagai cahaya di sekitar dan dapat menyesuaikan tingkat kecerahan nya secara otomatis agar para pengguna dapat melihat tampilan layar dengan jelas. Sensor ini bisa kalian temukan di fitur smartphone seperti auto brightness.

4. Ambient Temperature

Sensor ini mempunyai fungsi untuk mengukur berbagai suhu ruangan sekitar dalam berbagai derajat, selain itu kegunaanya juga bisa untuk menghitung tekanan angin, udara serta kondisi cuaca. Tidak terlalu banyak smartphone Android yang mempunyai sensor ini namun beberapa diantaranya adalah seri Google Nexus.

5. Baramoeter

Sensor ini berfungsi untuk mengukur tekanan atmosfir namun saat ini digunakan untuk meningkatkan akurasi fitur GPS di smartphone. Sensor ini hanya terdapat di beberapa smartphone premium.

6. Magnetic Field

Sensor ini bisa kalian temukan pada smartphone yang mempunyai fitur kompas karena untuk melakukan fitur kompas tersebut, smartphone itu membutuhkan sensor yang dapat mendeteksi magnet di sekitarnya. Magnetic Field adalah sensor yang dipakai.

7. Proximity

Sensor ini adalah sensor yang wajib dimiliki smartphone saat ini, Sensor ini akan aktif saat kalian akan melakukan panggilan telepon dan otomatis layar akan mati pada saat smartphone ditempelkan di telinga sehingga sensor sentuh menjadi tidak aktif. Dengan cara itu maka konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

 

Mungkin kalian tertarik dengan ini:

25 Top aplikasi Gratis dengan Rating Tertinggi di Google Play

Top 10 Smartphone Android di Antutu 2013, 2014 dan 2015?

Penampakan Smartphone Tanpa Bezel Dari Oppo

Hujan Diskon Sampai 90% Dalam Menyambut 3 Tahun Lazada!

Ayo kita lawan begal dengan game "Escape From Begal"

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • evanyzd
    Wizard Level 21
    Wew nice info kak. Kayanya di device ane ada semua itu jenis sensor :D

  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    mantap gan pembahasanya
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    yoi gan!
  • Bima Satria
    Master Level 25
    wih lengkap banget gan!
  • Sarah Gusti Helmi
    Senior Level 10
    wuih nice info gaaan
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Itu standard di setiap smartphone apa ada yg cuma terdapat di smartphone tertentu aja?