Indra
Novice Level 1
18 Maret 2017 - 08:01

Gokil, Pria Ini Bongkar Isi dari Prosesor AMD Ryzen!

Ryzen, prosesor terbaru dari AMD ini memang sedang menjadi perbincangan hangat bagi seluruh kalangan pengguna komputer baik mainsream sampai dengan enthusias. Prosesor ini digadang-gadang bisa meruntuhkan dominasi Intel saat ini. Selain harganya yang terjangkau, prosesor ini juga memiliki peforma yang begitu luar biasa.

Bagi para enthusiast terutama overclocker, plat di bagian atas prosesor sering dianggap sebagai pengganggu karena kurang handal dalam mentransfer panas dari dalam chip. Oleh karena itu, sebagian overclocker seringkali nekat untuk melepas chip tersebut demi menempelkan langsung pendingin ke arah chip. Teknik ini sering disebut juga dellid.

Seorang overclocker sekaligus YouTuber dengan akun bernama der8auer nekat membedah prosesor AMD Ryzen dengan teknkik tersebut. Prosesor yang ia bedah adalah AMD Ryzen 7. Kabarnya, prosesor yang satu ini sangat sulit sekali untuk di bedah. Bahkan, der8auer sampai mengorbankan 3 buah prosesor AMD Ryzen 7! Lalu, kenapa bisa sesulit itu?
Seperti yang dilansir Indogamers dari laman Metrotvnews (13/3/2017), menurut sang overclocker, proseor AMD Ryzen memiliki plat pendingin yang sangat sulit dilepas. Hal tersebut dikarenakan plat pendingin yang disolder secara langsung ke chip prosesor. 

Meskipun terasa menyulitkan bagi overclocker yang ingin melakukan teknik dellid, namun yang pasti desain yang diusung oleh AMD Ryzen ini memiliki keuntungan tersendiri bagi para penggunanya. Dengan begitu proses transfer panas dari prosesor AMD Ryzen bisa maksimal.

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar