Indra
Novice Level 1
05 Pebruari 2017 - 20:21

Daftar Smartphone Paling Inovatif Dalam Beberapa Tahun Terakhir

Smartphone telah membuat perubahan kebiasaan banyak orang. Bagaimana berhubungan dengan orang lain dan telah menjadi gaya hidup. Telah menjadi suatu kebiasaan jika suatu ponsel di telah rilis maka akan ponsel yang baru tersebut akan semakin inovatif.

  1. 2012 – Samsung Galaxy S3

Ponsel Samsung yang diluncurkan sebelum galaxy S3 sangat bagus, seperti galaxy S2 dan galaxy S2 Lite. Bagaimanapun S3 diluncurkan dengan usaha persaingan melawan Apple. Pada saat itu tidak ada pabrikan selain Samsung dan Apple yang bersaing secara ketat.

Hanya dalam jangka waktu 4 bulan penjualan, Galaxy S3 terjual 30 Juta unit diseluruh dunia. Galaxy S2 pendahulunya, terjual mendekati 40 juta sepanjang penjualan ponsel. Pada awalnya banyak orang yang meragukan apakah mereka akan membeli iPhone 5 atau membeli S3. Dengan tampilan unik dan dengan software yang berbeda Galaxy S3 menjadi lebih inovatif.

Pada penerusnya S4 bentuk modelnya sangat mempengaruhi penjualan dari S4 sendiri. Dan saat ini S3 menjadi pnsel model menengah dari Samsung dan tidak ada kustom ROM saat itu.

  1. 2013 – Moto G dan Moto X

Moto G dulu diluncurkan pada tahun 2013. Banyak orang mengatakan jika pasar saat itu banyak dipengaruhi oleh perangkat google. Tapi Moto G tepat eksis. Saat itu Motorola menganti konsep dengan tidak lagi menggunakan RAZR. Moto mengembangkan sesuatu yang saat itu pabrikan lain mengacuhkannya. Membuat ponsel baru dan mengganti modelnya dengan harga yang terjangkau.

Dengan mengganti software yang kaku. Pengembangan spesifikasi yang bagus dan desain yang dibuat secara ergoinomics dan fleksibel. Walaupun hanya meluncurkan satu model dan dengan beberapa alternative versi. Moto sangat bagus dengan cover yang berwarna warni dan menjadi sedikit lebih berbeda. Pada saat itu Moto G sangat laris dijual dipasaran.

Jika kamu membutuhkan smartphone yang bagus dengan harga yang tidak mahal, tidak ada alternatif lain selain Moto G. Pilihan terbaik 2013 adalah Moto G.

Selain itu Moto X, telah melakukan sesuatu yang berbeda dengan mengganti  softwarenya. Seperti fitur perintah suara yang tidak realistis dan tidak bekerja semestinya. Dan google telah menerapkan teknologi crawl, jadi Motorola memutuskan untuk membuat sistem intelligent untuk showcase ponsel mereka.

Salah satu point yang menarik adalah Moto X digantikan dengan konsep kategori, dimana produk yang dibuat menjadi lebih inovatif dan dengan desain berkualitas. Mereka mengembangkan sensor yang mampu mengerti pengguna bergerak dan bersuara dan juga dapat berinteraksi dengan software untuk membuat pengalaman yang berbeda.

Pada saat itu spesifikasi Moto X sangat rendah, tapi dapat berjalan dengan baik daripada model yang lain dengan fitur dan spesifikasi yang tinggi. Tanpa keraguan, Moto X merupakan smartphone yang handal pada saat itu.

  1. 2013 – Xperia Z

Pada awal tahun 2013, sangat banyak rumor yang berkembang saat Samsung akan merilis ponsel baru, Galaxy S4. Setiap orang ingin tahu fitur baru apa yang ada di S4 dan pada saat itu S4 merupakan ponsel terlaris dipasaran.

Salah satu keunggulan pabrikan Samsung saat itu adalah mereka mengeluarkan ponsel dengan model layar Full HD. Tapi sebulan sebelum rilis S4, Sony mengumumkan mereka membuat ponsel dengan layar Full HD yaitu Xperia Z.

Model dibuat dengan anti air, sesuatu yang tidak biasanya pada saat itu. Selain itu ditambah hub untuk bisa berhubungan dengan konten yang dibuat oleh PlayStation. Xperia Z merupakan ponsel pertama yang dibuat dengan dsain Omni-Balance yang mana telah digunakan oleh Sony Xperia Z5.

  1. 2013 – LG G2

Kamu masih ingat tahun 2013 merupakan tahun dimana banyak diluncurkan ponsel baru. salah satunya adalah LG G2 ponsel yang inovatif dengan hardware dan softwarenya. LG memutuskan menghapus tombol power dan menaruh dibelakan perangkat menjadi tombol fisik.

Itu merupakan sesuatu yang baru, tapi sekarang ini, kita bisa lihat banyak pabrikan memiliki ponsel yang punya tombol fisik dan sensor biometric. Melakukan hal yang sama dengan LG. Jika kita lihat produk lain, maka kita akan mengatakan posnel tersebut sangat LG sekali.

G2 di buat dengan sempurna dengan panel LCD Full HD, lebih baik dibandingkan dengan Xperia Z. Penjualan LG G2 cukup sukses. Dan saat ini LG masih mengembangkan fitur terbaru yang tetap digunakan oleh G5.

  1. 2012 – Nexus 4

Saat ini kita sudah melihat Nexus 5, tapi tidak sebagus Nexus 4. Nexus 4 merupakan perangkat pertama dari Google dan sangat berbeda dari sebelumnya Galaxy Nexus dengan tampilan seperti Samsung. Sofware yang baik, kualitas LCD dan terlihat dengan model yang bentuknya segi empat dengan permukaan seperti gelas.

Tiap orang tahu yang menggunakan Nexus 4 sanagt istimewa, selain itu performancenya culuk bagus. Bahkan kamu dapat menggunakan Nexus 4 tanpa ada masalah. Penerus Nexus 4 selanjutnya adalah nexus 5X.

  1. 2015 – Samsung galaxy S6 Edge

2015 merupakan tahun penuh inovasi dan pada saat itu ada satu ponsel yang sangat inovatif yaitu Galaxy S6 Edge. Sangat tidak mungkin bagi pabrikan untuk berinovasi tanpa mengambil resiko. Dengan kata lain meningkatkan penjualan lalu menawarkan purnajual. Setiap ada pembaharuan pasti ada kritik terhadap Galaxy S6 Edge.

Konsep Edge sangat baik dichina. Karena itu kita dapat meihat pabrikan Xiomi dan pabrikan lain yang bekerja sama dengan perangkat ini. Yang paling menarik tentang S7 Edge adalah modelnya di kembangkan menjadi lebih atraktif dan tahan air. Dengan bentuk tampilan yang melengkung. Konsep Edge digunakan kembali oleh Note Edge. 

  1. 2015 – Asus zenfone 2

Zenfone 2 merupakan ponsel pertama yang ada dipasaran yang menggunakan Ram 4 GB dan menggunakan Intel chipset.

Banyak pengguna yang bertanya-tanya apakah benar dibutuhkan Ram sampai 4Gb. Tapi beberapa model di buat dengan Ram 6GB seperti OnePlus 3T dan Zenfone 3 Deluxe. Sampai saat ini Asus membuat software sendiri dan fitur yang sangat produktif dengan penggunaan memory yang cukup menguras.

  1. 2015/2016 – Moto Z dan droid Turbo 2

Model terbaru ini merupakan pembaharuan dari harapan pengguna yang kecewa dengan perangkat sebelumnya.

Dan usaha Motorola untuk membangun usaha perangkat ini sangat besar. Pada ponsel Moto Z force Droid saya melihat ada beberapa evolusi di teknologi pada ponsel ini, tentunya memiliki fitur-fitur baru.

Di lain pihak Moto Z berusaha untuk membuat konsep modular untuk penggunanya, yang mana sangat mengecewakan tidak seperti yang dijanjikan.

 

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar