Stephen Lukas
Senior Level 10
17 Oktober 2016 - 20:57

Note 7 Gagal, Bagaimana nasib buruh Samsung?

Samsung saat ini bisa dikatakan sedang mengalami masa paling kelam selama delapan tahun terakhir, karen harga sahamnya yang terjun bebas sejak kasus meledaknya Note 7 ini yang menghiasi berita - berita di portal online, dan sekaligus yang membuat Samsung merugi hingga 39 triliun Rupiah. Bagi Samsung ini masalah besar, tapi bagaimana dengan nasib buruh mereka?

Samsung sendiri saat ini lebih banyak memproduksi smartphone mereka di negara tetangga kita, Vietnam. Hampir USD 14,5 miliar sudah dikeluarkan oleh Samsung untuk membangun pabrik smartphone mereka disana, dan juga secara otomatis akan memerlukan banyak buruh untuk memproduksi smartphone mereka. Bahkan jika ditotal ada sekitar 110 ribu pekerja di seluruh Vietnam yang berkerja untuk Samsung.

Bagaimana dengan PHK? Eits, ternyata kematian Note 7 bukan berarti produksi Samsung ikut berhenti. Saat ini fokus mereka adalah memproduksi smartphone dengan tipe lain yang terjual manis dipasaran, dan ada kemungkinan mereka juga akan membuat tipe smartphone yang baru. Sekedar diketahui, gaji buruh disana sekitar USD 180 dan bahkan mencapai USD 300 jika mereka mengambil lembur untuk produksi smartphone ini. Angka ini juga cukup besar jika dibandingkan dengan harga kebutuhan pokok untuk di daerah pedesaan Vietnam.

Semoga tidak ada pemotongan jumlah pekerja di Samsung ya, kasihan mereka juga harus mencari nafkah dimana lagi :(

 

Sumber DetikInet

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    eh ngefek juga ya ke buruh hmm