Stephen Lukas
Senior Level 10
11 Oktober 2016 - 23:22

Apa itu Disk Defragment?

Sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk harus selalu mengecek keadaan dari PC kita yang digunakan setiap harinya. Banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari membersihkan kondisi fisiknya, hingga juga membersihkan secara softwarenya. Nah, tentu saja kita pasti pernah mendengar istilah disk defragment. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan disk defragment ini sendiri?

Singkatnya, disk defragment ini adalah sebuah program yang berguna untuk menyusun kembali file yang sudah pernah diperbaharui, baik yang terinstall secara sengaja maupun tidak sengaja. Nah, tentu saja dengan melakukan disk defragment ini bisa kembali mengoptimalkan performa dari HDD kita. Kalian bisa melakukannya dengan mudah tinggal cari di search "Disk Defragment", dan tekan Enter. Jika masih menggunakan Windows XP, kalian tinggal masuk Run dan ketikkan "Dfrg.msc", dan tekan Enter.

Tapi, yang perlu diingat adalah kalian tidak perlu melakukan defrag jika sudah menggunakan SSD. Justru dengan melakukan defrag pada SSD maka akan mengakibatkan kerusakan parah. So, gunakan dengan bijak ya!

 

Sumber FossBytes

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar