Arif Nur Ridwan
Wizard Level 22
28 Januari 2015 - 16:34

Perkembangan dari Handphone ke Smartphone :D

 

Jaman sekarang handphone/gadget dapat dijumpai dimana-mana. Tanpa memandang usia atau kalangan apapun dan dimanapun, sebagian besar memilikinya. Tak bisa dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu Handphone/gadget akan terus berkembang sesuai kebutuhan pasar. Dilihat dari fungsinya handphone sebenarnya hanyalah alat untuk berkomunikasi entah telpon ataupun mengirimkan pesan elektronik. Pada pertengahan abad ke 19 sebenarnya orang sudah bisa berkomunikasi jarak jauh menggunakan telepon, hanya saja telpon tersebut belum bersifat mobile, atau hanya bisa digunakan di satu tempat saja. Kemudian karena adanya ide-ide yang luar biasa terciptalah alat telekomunikasi Handphone yang pada waktu itu hanya bisa digunakan untuk telepon saja dan dengan batas/radiasi tertentu.

Teknologi terus berkembang di akhir abad 19, banyaknya ilmuwan dan peneliti membuat dunia Sains dan IT terus meningkat dan berkembang pesat. Smarthphone (Telepon Pintar) adalah terobosan dari handphone yang diciptakan untuk mempermudah orang untuk berkomunikasi. SIMON adalah pelopor Smartphone di dunia yang dan di rancang dengan konsep Touchscreen. Ponsel ini dibuat tahun 1992 oleh IBM dan baru di pasarkan tahun 1993. Ponsel ini sangat canggih di masa itu karena memiliki konsep Touchscreen sehingga mempermudah orang untuk mengoperasikannya.

NOKIA adalah Produsen Handphone yang sangat terkenal yang akhirnya juga menciptakan terobosan untuk Smartphone. NOKIA 9000 dibuat tahun 1996 adalah Smartphone pertama dari Nokia yang sangat canggih, karena Nokia menggabungkan sistemnya dengan konsep PDA yang dikeluarkan oleh Hewlett Packard dan ini menjadi Smartphone terlaris pada era itu. Masuk Era baru abad 20, perkembangan Smartphone sangat gencar dilakukan oleh banyak produsen Handphone. RIM pada tahun 2002 akhirnya juga mengeluarkan produk Smartphone dan membuat persaingan Handphone lebih ketat. Blackberry adalah smartphone pertama dari RIM yang dibuat sangat canggih dengan menggunakan surel tanpa kabel dan menjadi telepon yang sangat laris di pasaran yang mencapai 8 juta pemakasi dalam waktu 5 tahun.

Pada tahun yang sama Microsoft yang notabene nya adalah brand pembuat komputer, juga meluncurkan smartphone pertama mereka dengan sistem operasi yang hampir mirip dengan sistem operasi komputer dan ponsel ini di nobatkan menjadi “Microsoft Windows Powered Smartphone 2002”

Memasuki tahun 2008, ANDROID muncul untuk pertama kalinya. Ponsel ini di dukung oleh Google untuk mempermudah pengguna berselancar di dunia maya. Brand pertama yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya adalah HTC Dream, yang dikeluarkan oleh T-Mobile. Di tahun yang sama APPLE juga tidak mau kalah dengan Android. Apple adalah mengeluarkan dan mempromosikan APP STORE dan menyediakan aplikasi baik gratis ataupun berbayar. Dan aplikasi tersebbut bisa langsung diunduh di ponsel tersebut atau pun melalui komputer, hal itulah yang membuat Apple banyak diminati pada saat itu. Dan sekarang Smartphone makin banyak dijumpai dimanapun, karena semakin banyaknya produsen yang memproduksi dan dengan fasilitas yang berbeda-beda. Dan kini Smartphone sudah menjadi benda yang tidak asing bagi semua kalangan di dunia.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    nokia cry
  • Bima Satria
    Master Level 25
    panjang jg sejarahnya
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    nokia tinggal kenangan wkwk
  • ariawan
    Senior Level 11
    iyah.. kasian nokia.. hiks
    sekarang udah di beli sama microsoft
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    mudah mudahan bangkit lg nokia embarassed
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    ngarep ente gan wkwkw
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Nokia emang hape paling legend, awet bener dari jaman dulu, tapi semua berubah ketika smartphone menyerang cry