Stephen Lukas
Senior Level 10
22 Juni 2016 - 22:09

Apa beda Ponsel BM dan Garansi Distributor Ya?

Saat ini, kita seringkali dihadapkan dengan banyaknya penjual smartphone yang mengaku adalah distributor barang (dalam hal ini smartphone) yang mengaku BM karena harga murah. BM sendiri merupakan singkatan dari Black market yang artinya smartphone tersebut masuk ke Indonesia dengan cara yang illegal. Disisi lain, ada juga penjual yang mengatakan barang dagangannya adalah barang dengan garansi distributor. Lantas apa bedanya? Yuk kita bahas! 

Sebenarnya untuk garansi distributor sendiri ada 2 macam, yakni resmi dan tidak resmi. Resmi dalam hal ini misalnya di Provider A bekerja sama dengan distributor tertentu untuk menjual sebuah smartphone dengan bundling provider A yang tentu saja sudah memiliki ijin dengan pemerintah. Namun, ada juga beberapa distributor yang mengimport langsung barang smartphone tersebut untuk dijual kembali ke Indonesia. Jadi, BM dengan Garansi Distributor sama? Belum Tentu. BM sendiri lebih mengarah kepada penjualan yang tidak mau dikenai pajak alias underground, sedangkan untuk garansi distributor mungkin saja mereka sudah membayar pajak kepada pemerintah.

Namun, saat ini sudah disarankan untuk tidak membeli BM ya, karena pemerintah sudah mulai menerapkan penurunan kualitas jaringan dari 4G ke 3G bagi mereka yang kedapatan menggunakan ponsel BM. Seram bukan?

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar