Stephen Lukas
Senior Level 10
16 Maret 2016 - 18:08

Besarnya Megapixel bukan penentu kualitas foto loh!

Jaman sekarang, mana ada sih smartphone yang tidak memiliki kamera? Semua smartphone pastinya memiliki kamera yang memang saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang hobinya narsis di berbagai tempat, kapanpun. Nah, seringkali ketika mendengarkan "kamera", hal yang terlintas di pikiran seseorang adalah : "berapa megapixel?", "besar megapixel gue dong!", namun jangan salah kaprah, ternyata megapixel bukanlah satu - satunya penentu kualitas gambar yang dihasilkan, setidaknya ada 5 faktor yang mempengaruhi kualitas foto, diantaranya :

1. Resolusi (Megapixel)

Yap, kembali ke awal, memang resolusi alias pixel yang satuannya saat ini masih  mega juga memegang peranan penting dalam kualitas hasil gambar. Semakin banyak pixel maka gambar yang dihasilkan juga akan semakin tajam.

2. Sensor

Nah, ini juga penting. Semakin bagus kualitas sensor, maka gambar yang dihasilkan juga akan semakin bagus. Misalnya,kamera 16MP dengan sensor yang abal - abal, akan kalah dengan sensor 8MP yang bagus, karena kembali lagi MegaPixel bukan segalanya.

3. Lensa (Aperture)

Hal ini sangat mempengaruhi kualitas gambar pada saat pencahyaan yang terang dan gelap. Lensa dengan aperture yang kecil akan menghasilkan gambar lebih baik pada pencahayaan gelap dan sebaliknya.

4. AutoFocus

AutoFocus ini sangat berfungsi ketika kalian harus memfoto objek yang sedang bergerak alias tidak diam.

5. Prosesor pengolah Gambar

Nah ini yang paling penting. Ketika semuanya bagus, namun pengolahnya buruk, maka hasilnya akan sama saja.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar