Archie Winata
Junior Level 5
19 Pebruari 2016 - 17:25

Ini Dia Proses Daur Ulang iPhone Lawas!

Baru baru ini seorang wartawan dari Bloomberg bernama Tim Culpan memperlihatkan proses daur ulang dari perangkat perangkat Apple yang sudah lawas dan rusak tak terpakai lagi. Proses daur ulang ini dilakukan di salah satu pabrik kontraktor yang memang tugasnya menghancurkan dan mendaur ulang perangkat perangkat Apple tersebut sesuai dengan kebijakan program daur ulang Apple.

Di pabrik yang tidak diketahui lokasinya di Hongkong ini Tim memperlihatkan secara terperinci bagaimana proses penghancuran dan proses daur ulang mendetail dari produk produk Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac ini. Dan prosedurnya sendiri tidak bisa dianggap remeh karena diterapkan standar dan aturan yang ketat dan terperinci.

Nah berikut ini proses daur ulang perangkat perangkat tersebut agar dapat dijual kembali nantinya..

Dari pihak Apple sendiri tidak yakin berapa banyak iPhone bekas yang beredar di pasaran dari total 570 juta smartphone tersebut yang terjual sejak 2007 lalu. Dengan program daur ulang ini Apple meyakini hanya sedikit perangkat mereka yang berakhir di pembuangan.

Informasi lebih lanjut juga gagal diperoleh dari pabrik kontraktor Apple tersebut yang bernama Li Tong Group.

Proses daur ulang ini sendiri diketahui mencapai persentase sebesar 85%, melebihi dari dasar yang ditetapkan yakni 70%. Hal ini diutarakan oleh Vice President of Environment, Policy, and Social Initiatives, Lisa Jackson.

Alasan lainnya yang juga dikemukakan adalah bahwa hal ini guna mencegah produk produk palsu Apple bermunculan di pasaran. Dengan dihancurkannya perangkat perangkat tersebut nantinya komponen komponen dari perangkat tersebut bisa dipakai lagi dikemudian hari.

Pada kurun waktu 2014 saja diketahui bahwa Apple sudah menghancurkan lebih dari 40 ribu ton dari proses daur ulang perangkatnya. Hal ini setara dengan bahan bahan yang dibutuhkan untuk membangun rel kereta sepanjang 160 KM. Dan tahun ini direncanakan akan dihancurkan lagi sebanyak 9 ton iPhone 3GS.

 

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    gile dah iphone mahal gtu diancurin :(

  • Risky Wijaya Praba Saputra
    Professor Level 14

    buseng... pantes indonesia isinya hp refurbish semua :v

  • Bima Satria
    Master Level 25

    baru tau digituin, ngeri juga yang di Indonesia

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    buseng... pantes indonesia isinya hp refurbish semua :v

    Risky Wijaya Praba Saputra

    ya begitulah daur ulang :v