Archie Winata
Junior Level 5
22 Januari 2016 - 21:02

Ini Daftar Social Media Anak Tahun 2000an, Masih Ingat?

Kita yang dimana tahun 2000-an masih terbilang remaja pasti tak asing dengan keadaan media sosial di masa itu. Saat itu belum ada internet dengan speed sampai puluhan Mbps seperti sekarang, dan layanan maupun situs media sosial masih belum banyak variasi dan jumlahnya.

Kita juga tentu masih ingat kalau dahulu kita kebanyakan mengakses situs situs tersebut dari bilik internet umum atau lebih dikenal dengan Warnet. Kalau masa kini sih mungkin akses internet bisa dari mana saja ya dan warnet makin terpinggirkan.

Nah masa masa 2000an ini membawa banyak kenangan dan nostalgia tersendiri. Berikut beberapa diantaranya.

1. YAHOO MESSENGER

Messenger satu ini pasti tak akan Anda lewatkan dahulu ketika akan mengakses internet. Langsung standby untuk chatting dengan layanan messenger ini terasa memiliki pesona tersendiri. Kini Yahoo Messenger sudah terpinggirkan oleh beberapa messenger lain yang lebih terkenal dan lebih canggih.

Kalau Anda ingat dulu layanan ini tidak hanya untuk chatting saja, bahkan bisa videocam, dan juga bermain game. Dengan messenger ini juga kita bisa chatting dengan orang luar negeri lho!

2. FRIENDSTER

Media sosial pendahulu dan pelopor ini sangat sangat terkenal saat itu. Siapa sih yang tidak punya akun Friendster kalau boleh dibilang pada saat itu. Walau fitur fitur yang dimiliki tidak secanggih seperti media sosial zaman sekarang ini, namun Friendster tetaplah menghadirkan warna tersendiri kala itu.

Dua fitur menarik yang kita masih ingat adalah Who's Viewed Me yaitu kita bisa melihat siapa saja yang melihat akun Friendster kita. Hal ini tentu saja sangat menarik dan membuat jantung kita berdegup kencang, karena jangan jangan si dia atau doi melihat Friendster kita. Dan kedua yang tak kalah menarik apalagi kalau bukan kolom testimonial. Ayo testi saya dong, mungkin sering kita lakukan pada teman kita ya.

3. mIRC

mIRC siapa dari kita tidak kenal layanan chat ini. Layanan ini sangat terkenal saat itu karena para usernya tidak harus mengeluarkan data pribadi aslinya, bahkan bisa disembunyikan atau berpura pura menjadi orang lain. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri.

Melalui mIRC ini kita bisa secara acak chatting dengan siapa saja di seluruh dunia. Dengan samaran identitas inilah justru hal yang seru dan mendebarkan dari mIRC itu sendiri. Bahkan terkenal istilah ketika pembukaan chatting 'asl pls' yang berarti Age Sex(Jenis kelamin) Location please.

4. YAHOO MAIL

Dulu Yahoo Mail lebih terkenal dibanding pesaingnya yang sekarang lebih terkenal yaitu Gmail. Kini pun Yahoo Mail masih banyak juga digunakan dan terus bersaing dengan pesaingnya itu.

Yahoo Mail sebenarnya memiliki fitur standar yang seharusnya dimiliki layanan email. Namun pada masanya terkenal layanan mailing list Yahoo tempat beberapa orang yang biasanya memiliki kesamaan ide dan hobi berkumpul online bersama.

5. MOZILLA FIREFOX

Firefox memang masih digunakan sampai sekarang ini namun popularitasnya kalah jauh bila dibandingkan dengan pesaingnya Google Chrome. Kala itu kita masih ingat Firefox sering lebih dipakai daripada Internet Explorer, karena memakan resource lebih ringan. Dan kala itu para anak muda lebih sering menggunakan firefox.

Baca juga Tau Ga Sih Modus Dibalik Postingan "AMIN" Di Facebook?

6. WINAMP

Media Player cukup terkenal di tahun 90 sampai 2000an. Kebanyakan sih menggunakan program ini untuk memutar lagu walau untuk memutar file video juga sebenarnya bisa. Kalau ada lagu pasti putarnya ya di Winamp ini pada saat itu.

Fitur yang menarik selain bisa memutar lagu adalah skin program tersebut yang bisa diganti ganti ibarat theme di smartphone. Hal ini memiliki keasikan tersendiri lho apalagi kalo skin yang Anda pasang terkesan nyentrik dan keren.. Kini orang sudah jarang menggunakan winamp dan sudah beralih ke software lain yang lebih ringan dengan fitur lebih menarik.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    kok ga ada mig33 ya?

  • Archie Winata
    Junior Level 5

    mig33 apalagi tuh??