Archie Winata
Junior Level 5
15 Januari 2016 - 11:15

Penjualan PC Tahun 2015 Adalah yang Terburuk!

Pasar PC sedang lesu dan tidak bergairah. PC terus mengalami penurunan pengiriman dari kuartal ke kuartal. Tahun lalu pun masih sama mengalami penurunan. Beberapa pihak meramalkan PC akan bergairah ketika musim liburan datang namun hal ini ternyata tak terjadi sama sekali. Di musim liburan 2015 kemarin pun tampak pasar PC lesu, sehingga tahun 2015 merupakan tahun buruk bagi PC.

Dibanding musim liburan 2014, di 2015 mengalami penurunan sebesar 10 %. Di musim liburan 2015 bahkan unit yang terjual atau terkirim tidak sampai 300 juta unit, angka terburuk sejak tahun 2008.

Data dari IDC Global yang baru saja dikeluarkan kemarin juga sama sekali tak membawa kabar baik bagi pasar PC. Tren ini diperkirakan masih akan berlanjut untuk kuartal depan. Dan tak ada tanda tanda akan membaik beberapa bulan kedepan.

Alasan utama hal ini terjadi adalah perkembangan smartphone dan tablet yang sangat pesat dan cepat beberapa tahun ini. Begitu juga kondisi ekonomi global yang memburuk akibat beberapa devaluasi dari mata uang utama dunia. Dan juga beberapa perangkat Windows 8.1 yang tak laku terjual turut menyumbang andil memburuknya pasar PC.

Dari persentase penjualan beberapa vendor ternama tetap memuncak. Pertama Lenovo dengan lebih dari 20 % total penjualan. Lalu disusul HP dan Dell. Berbicara mengenai Apple, naik ke persentase 7,9 %.

sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    bingung deh, walaupun penjualan melambat kok ga ada kabar2 kalo perangkat PC akan turun harga ya