Mirza Icha
Senior Level 9
23 Januari 2014 - 15:40

Perbedaan kamera instan dengan kamera pocket selain Harga Murah Bersahabat

Saya bingung nih, maklum saya memang kurang faham dunia fotograpi. Bantu kasih penjelasan dong teman-teman. Sebenarnya apa sih perbedaan kamera instan dengan kamera pocket? Kenapa disini kategorinya dibedain ya? Terus kalo untuk saya yang awam tentang fotografi, sebaiknya pakai jenis kamera yang mana nih?
Makasih ya? :)

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    Sebenarnya dideskripsi sudah ada penjelasannya tuh, tinggal dibaca aja hehe tapi kesimpulannya sih gini

    Kamera Instan: Jenis kamera yang menghasilkan gambar film dikembangkan. Jenis yang paling populer untuk menggunakan self-mengembangkan film yang sebelumnya dibuat oleh Polaroid Corporation.

    Kelebihannya
    - Kecepatannya dalam menghasilkan gambar. Dengan kamera ini kita tidak perlu repot-repot melakukan proses cuci cetak film, sebab, beberapa detik setelah selesai pengambilan gambar, maka hasilnya akan langsung jadi. 
    Kekurangannya
    - Karena Film yang digunakan adalah film instan, yang tentunya tidak memiliki klise, maka hasil pemotretan tidak memungkinkan untuk dicetak ulang.


    Kamera Pocket: Kamera yang berukuran kecil yang bisa dibawa kemana aja dan masuk kedalam kantong saku.

    Kelebihan
    - Memiliki ukuran sensor yang lebih besar daripada kamera instan, hal ini memberikan beberapa implikasi, salah satunya adalah kedalaman ruang (depth of field / DOF) yang besar, sehingga gambar yang diambil cenderung akan tajam dari ujung ke ujung

    Kekurangan
    - Auto fokus yang lambat, terutama untuk gambar yang bergerak
    Solusi: Karena kamera saku memiliki kedalaman ruang yang besar, maka dengan mengunakan bukaan kecil dan manual fokus Anda bisa melewati proses auto fokus di saat Anda mengambil foto subjek foto yang bergerak cepat.
    - Kualitas gambar yang kurang bersih 
    Gambar menjadi kurang biasanya karena setting ISO yang digunakan terlalu tinggi. Batas ISO yang layak di kamera saku biasanya sekitar ISO 200 sampai 400. Lebih dari itu, kualitas foto akan berkurang secara signifikan, oleh sebab itu, saya sarankan mengambil foto di ISO rendah mungkin. Akibat mengunakan ISO rendah, foto Anda menjadi lebih rentan kabur, oleh sebab itu, saya sarankan mengunakan penyangga kamera seperti tripod.

    #CMIIW