evanyzd
Wizard Level 21
10 November 2015 - 16:16

Jenis-Jenis Garansi Gadget di Indonesia Selain Garansi Resmi dan Distributor

Gans bila kalian mau beli gadget, ada baiknya sebelum beli kalian pilih-pilih garansi dulu deh agar nanti kalau gadget kalian kenapa-kenapa kalian gak akan kerepotan. Nah di sini gw pengen coba share mengenai jenis-jenis garansi elektronik/gadget yang ada di Indonesia.

Jenis Garansi yang Berlaku di Indonesia

Garansi Resmi
Garansi dari produsen selaku pemilik dan pemegang merk dagang di seluruh dunia, agar setiap customer merasa terjamin ketika produk mengalami kendala / kerusakan. Garansi resmi diberikan kepada perusahaan / distributor resmi di kota-kota besar untuk memasarkan produk dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Garansi Distributor
Garansi dari distributor yang membawa masuk produk ke Indonesia. Jika produk mengalami kerusakan, garansinya akan ditangani oleh service center yang tertera di kartu garansi, bukan service center resmi. Kegiatan penjualannya juga bersifat legal karena membayar pajak serta mempunyai ijin Dirjenpostel Indonesia.

Garansi Internasional / Garansi Toko
Garansi dari toko / penjual produk dengan durasi tertentu, sesuai dengan yang tertera pada info detail produk. Semua produk berlabel garansi internasional merupakan barang asli, namun tidak dilengkapi buku panduan (manual) berbahasa Indonesia.

Baca juga: Jenis-Jenis Smartphone yang Support OTG !

Kalau penjelasan di atas terdengar terlalu rinci di bawah ini ada penjelasan yang lebih detail yang gw kutip dari Blog ApaPerbedaan. Contoh kasusnya adalah garansi laptop. Ayo kita simak

Ada 3 jenis yaitu GARANSI RESMI, GARANSI DISTRIBUTOR dan BLACK MARKET (BM). Perbedaan dari ketiganya adalah sebagai berikut :

A. Garansi Resmi
Garansi Resmi adalah laptop yang memang diimpor langsung oleh perusahaan resmi yang ditunjuk oleh Produsen laptop dan mempunyai service centre tersendiri. Service juga berlaku penuh selama kurun waktu yang diberikan, misalnya 1 tahun. Masing-masing merk juga mempunyai distributor tersendiri, yang bisa saya sebutkan antara lain sebagai berikut :


ACER : DRAGON, PAZIA, INOVASI
ASUS : DATASCRIP, ASTRINDO, METRODATA
HP : ECS, METRODATA, TIXPRO
LENOVO : ECS, METRODATA, VISILAND
TOSHIBA : ANEKA TECHKING INFOKOM, TIXPRO
SONY : MASTERDATA

B. Garansi Distributor
Garansi distributor adalah laptop yang diimport oleh perusahaan tersendiri tanpa ditunjuk oleh perusahaan produsen. Misalnya saja Anda punya modal besar dan bisa bikin PT sendiri untuk import laptop. Perusahaan ini mempunyai izin dari pemerintah dan juga membayar bea pajak masuk untuk laptop. Untuk garansi, perusahaan ini juga mendirikan sendiri service centre nya dan produk tetap dijamin. Jadi GARANSI DISTRIBUTOR itu BUKAN GARANSI RESMI dan juga BUKAN BLACK MARKET (BM). Artinya perusahaan laptop ini berdiri sendiri. Laptop jenis ini biasa disebut juga dengan PI (Paralel Import).

Yang perlu diperhatikan adalah laptop garansi distributor tidak bisa mendapatkan garansi resmi dari service centre perusahaan garansi resmi. Jadi misalnya laptop ACER garansi distributor tidak bisa dibawa ke service center ACER Indonesia ataupun juga service centre dari DRAGON, PAZIA, INOVASI. Sedangkan kalau garansi resmi bisa dibawa ke mana saja. Bahkan biar kita beli Acer dari DRAGON bisa bawa ke service centre PAZIA.

Baca juga: 5 Game Android Multiplayer Terbaik, Via Bluetooth ataupun WIFI

Jika laptop bermasalah hanya bisa dibawa ke service centre distributor itu sendiri, misalnya ACER dari AEDUPAC hanya bisa diservice di service centre AEDUPAC, tidak bisa ke DRAGON atau ACER Indonesia. Tapi tetap dapat jaminan garansi yang sama. Dan yang perlu diketahui adalah kualitas barang garansi distributor adalah sama dengan garansi resmi, bukan dari hasil rakitan atau refurbish atau yang sudah diganti-ganti speksifikasinya.Jadi membeli barang garansi distributor kualitas barang dijamin aman dan harganya pun tidak terlalu jauh dengan garansi resmi, karena masih bayar pajak masuk.

Yang termasuk Garansi Distributor sekarang ini dan mempunyai jaminan adalah : AEDUPAC, DSSC dan SSSC.

 

C. Black Market (BM)

Bedakan dengan Black Market yang diragukan, barang BLACK MARKET adalah 100% tidak resmi, masuknya tidak bayar cukai, dan bisa juga dari hasil curian atau misal kita beli sendiri di luar waktu jalan-jalan ke luar negeri lalu menjualnya kembali di sini. Laptop jenis ini tidak mendapatkan garansi apapun dari service centre, baik resmi atau distributor. Jika ada kerusakan pada laptop maka yang menservice adalah toko itu sendiri, atau biasa yang disebut juga dengan garansi toko (ada juga toko yang tidak memberikan garansi) . Produk jenis ini diragukan kualitasnya, karena seperti yang sudah dibilang, bisa saja barang ini hasil rakitan sendiri dan sudah diganti-ganti dan tidak sesuai lagi dengan spesifikasi asli laptop dengan tipe itu. Harganya juga bisa jauh lebih murah dari garansi resmi dan garansi distributor. Bahkan bisa jadi barangnya bukan baru (barang refurbished)

Baca juga: Begini Caranya membuat 3D hologram dengan Smartphone kamu!

Cara membedakan garansi : Perhatikan kartu garansinya.

Laptop garansi resmi biasanya ada kartu garansi dari produsen bersangkutan, misalnya Acer ada kartu garansi Acer; HP ada kartu garansi HP; ASUS ada kartu garansi ASUS, biasanya untuk distributor Datascrip, dia menambahkan 1 kartu garansi lagi.

Sedangkan garansi distributor, kartu garansi yang dikeluarkan adalah sama untuk semua merk laptop. Tidak ada kartu garansi merk tertentu. AEDUPAC, kartu garansinya berupa sebuah kartu bewarna hijau. Sedangkan untuk garansi DSCC, biasa diberi sebuah buku garansi DSCC. Dan untuk garansi SSSC juga berupa sebuah kartu garansi dari SSSC. Tetapi dilaptopnya ada stiker hologram bulat bertuliskan SSSC.

Jadi kesimpulannya adalah keputusan ada di tangan kalian sendiri. Kalau kalian mau mendapatkan garansi yang pasti maka belilah gadget garansi resmi dengan resiko harga yang pastinya lebih mahal. Namun kalau kalian dananya pas-pasan lalu lebih memilih produk black market maka siap-siap tanggung resikonya.

Ini ada beberapa daftar service center hape seperti :

So, be a smart buyer Gans. Kiss kiss

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Risky Wijaya Praba Saputra
    Professor Level 14

    Kalo refurbish itu apa ya gan?

  • evanyzd
    Wizard Level 21

    Kalo refurbish itu apa ya gan?

    Risky Wijaya Praba Saputra

    hasil rakitan atau refurbish atau yang sudah diganti-ganti speksifikasinya.

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    hasil rakitan atau refurbish atau yang sudah diganti-ganti speksifikasinya.

    evanyzd

    kalo refurbished dari pabrik aslinya mah kualitasnya dan spesifikasinya sama kaya original ko kecuali refurbish dari toko yaaa u know lah

  • ariawan
    Senior Level 11

    hmm ya ya.. info garansi ini penting juga, soalnya beda harganya bisa lumayan

  • Risky Wijaya Praba Saputra
    Professor Level 14

    nah kalo garansi toko itu masuknya resmi ato distrib yah?

  • evanyzd
    Wizard Level 21

    nah kalo garansi toko itu masuknya resmi ato distrib yah?

    Risky Wijaya Praba Saputra

    Masuknya ke BM gan. Sama aja kaya kalo beli hp 2nd di toko. Kalo kenapa-kenapa ya ke toko tempat agan beli tuh hp.

  • Azzam RanGgerz
    Novice Level 1

    klw garansi distributor indonesia yg terpercaya apa min

  • Archie Winata
    Junior Level 5

    info bermanfaat kalo mau klaim garansi thanks

  • Bima Satria
    Master Level 25

    klw garansi distributor indonesia yg terpercaya apa min

    Azzam RanGgerz

    TAM gan :D