Andriano Advento P
Novice Level 1
08 Oktober 2014 - 15:00

Komparasi Hasil Foto iPhone 6 dan 7 iPhone Lama

TheVerge
Peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Dari tahun ke tahun, Apple semakin memperkuat teknologi kamera dalam smartphone unggulannya, iPhone.

Banyak perubahan yang diberikan Apple dalam kamera iPhone semenjak smartphone tersebut diperkenalkan tujuh tahun lalu.

Contohnya di iPhone 4S, 5, dan 6, walau sama-sama mengusung sensor resolusi 8 megapixel, namun fitur dan kemampuannya telah ditingkatkan, seperti lebih cepat memotret, fokus lebih gampang, serta detil lebih tinggi serta kemampuan dalam pemotretan mimim cahaya yang lebih baik.

Situs fotografi Snapsnapsnap telah membuat perbandingan hasil foto iPhone 6 dan tujuh model iPhone generasi sebelumnya yang pernah dibuat oleh Apple dalam berbagai mode pemotretan dengan aplikasi Camera+.

Berikut adalah perbandingannya, (dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6).

Untuk melihat hasil jepretan foto dalam resolusi tinggi, kunjungi artikelnya di Snapsnapsnap.


Perbandingan hasil foto macro iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6

Foto Macro

Foto jarak dekat, atau disebut macro, mengambil obyek buah strawberry di dalam mangkuk. Foto tersebut diambil di luar ruangan dengan cahaya alami, dalam kondisi cuaca yang berawan.

Dalam hasil pemotretan tersebut, terlihat bahwa iPhone generasi pertama dan model 3G nampak kesulitan mengunci fokus. Hasilnya adalah gambar yang lebih blur.

Detil dan ketajaman semakin meningkat seiring dengan pembaruan yang dilakukan Apple, mulai dari model iPhone 4, 4S, dan seterusnya.

Foto yang diambil dengan iPhone 6 (paling kanan) nampak memiliki detil yang lebih tinggi dibanidng yang lainnya


Perbandingan hasil foto backlit iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6.

Backlit

Backlit seringkali menjadi hambatan bagi fotografi, apalagi dengan menggunakan smartphone. Namun, teknik memotret dengan sumber cahaya yang berada di belakang obyek ini juga bisa dimaksimalkan sehingga terlihat lebih artistik.

Uji foto backlit menunjukkan peningkatan kemampuan kamera iPhone dalam hal menangani situasi cahaya kontras dan efek flare (bocoran cahaya) dari lensa.

iPhone 4 memiliki kendala yang disebut red dot lens flare. Gambar terlihat kemerahan saat efek flare terjadi. Suka atau tidak, efek itu bisa dijadikan sebagai tool kreatif untuk membuat foto.

Detil dan kontras wajah obyek foto terlihat semakin membaik di seri iPhone 5 dan 5S. Detil dan kontras kemudian terlihat semakin seimbang dalam iPhone 6.


Perbandingan hasil foto daylight iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6.

Foto siang hari (Daylight)

Dalam foto daylight yang mengandalkan cahaya alami, perbedaan yang nampak adalah dalam hal white balance. Tonal warna putih semakin akurat semenjak generasi Iphone 4S.

Detil juga semakin tinggi dalam generasi iPhone 5. Namun menurut Snapsnapsnap, tidak ada perbedaan berarti antara hasil foto 5S dan iPhone 6.


Perbanidngan hasil foto portrait iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6.

Foto wajah (portrait)

Untuk foto wajah, iPhone 6 terlihat menghasilkan foto dengan skin tone yang lebih akurat. Namun, walau menghasilkan detil yang tinggi, foto terlihat terpikselasi (kotak-kotak). Masalah itu nampaknya ditimbulkan oleh algoritma yang mengurangi efek noise.

Apple telah mengubah algoritma tone-mapping untuk menghasikan exposure dan kontras yang lebih baik melalui prosesor A8-nya, namun nampaknya justru menghasilkan masalah baru itu.


Perbandingan hasil foto sunset iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6.

Sunset

Untuk foto adegan matahari tenggelam, kualitas gambar memang diakui semakin membaik. Namun, iPhone 5S justru terlihat memiliki kontras dan ketajaman yang lebih baik dibanidng iPhone 6.

Walau memiliki detil tinggi, hasil foto iPhone 6 terlihat lebih flat. Kemungkinan hal itu disebabkan oleh algoritma Apple yang ingin menhadirkan foto yang lebih seimbang, seperti kualitas RAW dalam iPhone 6.

Dengan demikian, pengguna yang menyukai post-processing bisa mengutak-atik lagi fotonya sehingga sesuai dengan yang diharapkan.


Perbandingan hasil foto low light iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6.

Lowlight (Foto kondisi cahaya minim)

Di sinilah keunggulan kamera iPhone 6 berada. Hasil foto yang dilakukan dalam kondisi cahaya yang minim terlihat efek noise (bintik) yang lebih sedikit dan detil yang lebih terjaga.

Menurut Snapsnapsnap, secara umum kemampuan kamera iPhone 6 lebih baik dibanidng generasi sebelumnya. Satu-satunya yang perlu ditambahkan oleh Apple adalah fitur diafragma yang bisa diubah-ubah.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Tresna Dwinanda
    Novice Level 2
    tetep ajaa hape ane kalah bagus gan pffft
  • Tompi Hariadi
    Apprentice Level 3
    Wah kok kayanya generasi 5 ga beda jauh sama yg 6 Cuma beda bagusan di tempat gelap aja :o
  • An Rian Setianto
    Novice Level 2
    menurut ane knp hasil gambarnya ebih bagus i phone 4 ya..ada sependapat??
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    ^ mungkin karena keliatan lebih terang aja gan
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    ^ mungkin karena keliatan lebih terang aja gan