Dimasdanz
Senior Level 9
03 Oktober 2014 - 19:02

Nexus, cita rasa Android paling murni

Nexus, adalah sebuah program yang dibuat oleh Google, pengembang Android, sistem operasi mobile paling populer.

 

Perangkat Nexus didesain langsung oleh Google dan dijual langsung melalui Google Play Store meskipun diproduksi oleh produsen perangkat keras lainnya.

 

Nexus dapat dianggap sebagai flagship dari Google dan guideline smartphone untuk produsen perangkat keras.

 

Kenapa Nexus saya bilang sebagai Android paling murni?

Pertama, Perangkat Nexus selalu menjadi perangkat pertama yang menggunakan Sistem Operasi Android yang dirilis oleh Google. Pada umumnya setiap perangkat Nexus diumumkan selalu dibarengi dengan rilisnya OS versi baru yang langsung menjadi OS perangkat nexus tersebut.

 

Kedua, Hanya dalam beberapa hari setelah Google mengumumkan OS baru, semua perangkat Nexus selalu mendapatkan update OS langsung dari Google.

 

Ketiga, Nexus selalu menggunakan versi Android murni (Vanilla/AOSP version) dari Google tanpa ada modifikasi dari produsen Smartphone Android. Ini berarti Kamu tidak akan menemukan aplikasi-aplikasi tidak berguna (bloatware) seperti ChatOn pada Samsung Galaxy atau Advance Task Killer pada kebanyakan smartphone China. Nexus juga tidak menggunakan skin-skin/launcher seperti TouchWiz milik Samsung, atau Sense milik HTC (yang terkenal menurunkan performa Android). Launcher ini juga sering menutupi fitur-fitur terbaik Android seperti Google Now atau menu multitasking. Hal ini lah yang banyak membawa orang untuk meng-install OS custom seperti CyanogenMod

 

Selain hal diatas, harga dari sebuah Nexus selalu lebih rendah dari smartphone lainnya yang memiliki spesifikasi mirip. Nexus 5 yang memiliki spesifikasi yang mirip dengan Galaxy S5 pada saat ini dapat dibeli dengan harga 4,5 jutaan ( http://www.pricebook.co.id/Samsung-Galaxy-S5-G900-16GB/40/PD_00011216 ) sementara harga Galaxy S5 berkisar 6-7 jutaan ( http://www.pricebook.co.id/Samsung-Galaxy-S5-G900-16GB/40/PD_00011216 )

 

Oh iya, Nexus line juga paling cocok untuk semua orang yang ingin mengoprek Sistem Operasi Android seperti rooting, install custom rom, bahkan install kernel.

 

Nexus line, sebaiknya menjadi panutan oleh produsen lain dalam memproduksi Smartphone Android dengan OS yang selalu update, spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang murah, dan Android yang tidak memiliki aplikasi-aplikasi bloated.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • ariawan
    Senior Level 11
    Nexus! Nice post gan! super sekali... salam super.
  • Dimasdanz
    Senior Level 9
    Salam super gan!