Arif Nur Ridwan
Wizard Level 22
03 September 2015 - 23:13

RAM 1GB Untuk Smartphone Sudah Ga Cukup Lagi!

Kalau lo pengen beli smartphone, faktor apa sih yang lo pertimbangkan? Desain, spesifikasi, kamera, harga atau performa biasanya menjadi faktor general kebanyakan orang jika ingin membeli smartphone baru. Untuk lo yang terhitung MELEK SPESIFIKASI mungkin akan langsung tertuju pada spesifikasi smartphone tersebut. Prosesornya apa dan berapa ukuran RAM nya. Tapi seperti yang lo tau, saat ini RAM smartphone sudah menyentuh kapasitas dengan angka 4! Yes RAM 4GB sekarang menjadi hal yang lumrah untuk smartphone kelas atas. Dan tentunya RAM 1GB pun menjadi pasar low end saat ini dan menurut gw pun sudah ga layak pakai! Ini alasan kenapa RAM 1GB udah ga layak pakai yang gw kutip dari JalanTikus.

UI dan Aplikasi

OS Android menawarkan memang banyak kustomisasi dan fitur-fitur yang bersifat penting sampai yang ga penting banget. Karenanya, OS Android membutuhkan kapasitas RAM lebih banyak dibanding OS lainnya. Kapasitas RAM 1 GB kini sudah terasa pas-pasan karena hampir seluruh apps Android terbaru saat ini rakus banget pemakaian RAM. Contohnya jika lo menginstal lebih dari lima media sosial sekaligus, aplikasi tersebut akan berjalan bersamaan dalam mode background dan menggerogoti RAM smartphone. Belum lagi jika lo gemar bermain game online yang sepertinya hampir tidak pernah sama sekali lo close.

Jumlah Core Prosesor

Selain OS dan aplikasi yang memang rakus banget RAM, kapasitas RAM pun menjadi faktor penting dalam mengimbangi kinerja prosesor karena seperti yang kalian tau. SUdah banyak smartphone Android yang menggunakan prosesor octa-core alias 8 core. Agar prosesor itu dapat berjalan maksimal maka dia butuh kapasitas ram yang besar minimal 2GB lah RAM nya. Jadi bagi lo yang ingin meminang smartphone baru. Saran gw mending minimal RAM nya 4GB deh, kecuali lo mau beli perangkat iOS RAM 512 MB pun bisa lo ambil. Semoga bermanfaat bor!

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    emang udah ga ngefek banget, minimal mah 2GB sekarang