Bima Satria
Master Level 25
18 Agustus 2015 - 20:14

Sob! Jangan di Buang Hape Bekasnya! Karena Ternyata Ada Lapisan Emas Disitu!

Barang elektronik seperti HP dan Laptop walau sudah rusak dan mati sekalipun masih saja ada orang yang mau membelinya, ternyata bukan hanya untuk mengambil komponen - komponen yang masih bisa berfungsi untuk dicangkokan kepada alat lain saat dilakukan perbaikan. Ternyata ada lapisan emas di dalamnya sob! Pantesan aja laku2 aja ckckc. Hal ini bukan sesuatu yang mengada-ada, bisa dibuktikan dengan membongkar HP, dan akan terlihat beberapa komponen yang terlihat paling mencolok berkilauan kemungkinan besar itu emas. Beberapa komponen di dalam alat elektronik memang ada yang harus dilapisi oleh emas. Karena emas merupakan komponen yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan.

Bukan hanya komponen di dalamnya saja yang terdapat lapisan emas. Untuk casing smartphone yang asli dan tidak mudah tergores, itu juga menandakan adanya campuran emas pada bahan casing tersebut. Hal tersebut seperti apa yang disampaikan oleh Agustiwandina, lulusan S1 Kimia UGM Yogyakarta yang gw kutip dari brilio.

"Semakin mahal handphone-nya, semakin banyak kandungan emas di dalamnya. Semakin nggak mudah tergores, semakin banyak juga campuran emas di dalamnya," katanya sob.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21

    serius itu gan? kalidah masa ada emasnya

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    Ada yang mau coba ? :3

    Panduan Lengkap Mendulang Mengekstrak EMAS dari PCB / Elektronik :

    • Cari PCB yang sudah tidak terpakai lagi dengan cara membeli atau punya sendiri.
    • Kumpulkan semua pcb anda. Dari 1 kg IC-IC yg terkumpul itupun hanya menghasilkan emas sekitar/mungkin hanya 1gram dengan kadar hanya sekitar 45%-60%. yang merepotkan dan sulit serta hati hati karena menggunakan bahan kimia yg berbahaya seperti air keras/nitric acid. cara pengerjaannyapun sangat lama bagi yg belum terbiasa. karena yang kita ambil adalah lapisan emasnya bukan bahan dasar ICnya,sangat tipis sekali lapisan emasnya,hati2 karena tertiup sedikit mereka akan terbang atau bergerak/berantakan dengan resiko hilang.
    • Kemudian IC atau pin elektronik yg diduga mengandung lapisan emas kita kumpulin
      terus kita bakar menggunakan api, setelah panas kita masukkan pada wadah/baskom stainless yg tahan terhadap air keras/nitric.
    • Terus kita tuang wadah tersebut dengan air keras agar menutupi komponen lapis emas tadi,terus kita taruh di atas kompor (minyak lho),spt kita masak air, tapi hati-hati lingkungan/tetangga harus mendukung, karena baunya yg sangat menyengat dan berbahaya bagi yg tdk biasa, bisa dilempar tetangga, karena anda tahu sendiri air keras kaya gimana effeknya.
    • Lalu lama-lama ada proses pemisahan antara bahan dasar ic dgn emas itu, perlu diketahui, logam apapun akan habis dimakan air keras, kecuali emas, perak. Baja/stainles steel pun lama2 akan habis. kita tuang ke ember yg dilapisi kertas semen/lap/kain bekas, biar tersangkut lapisan emasnya dan airnya akan tutun keember.
    • Langkah terakhir bungkus hasil lapisan emas tadi,kita lebur/bakar (waspada tengok kanan kiri) dan akan terlihat hasilnya berupa emas. Masih ada 3 proses lagi untuk menjadi emas murni 24 karat
  • Jhoon Lank
    Novice Level 1

    Riweuuuh deeh aaaaaah....

  • Damar Putra
    Novice Level 1

    saatnya mencari hp lama heheh

  • Risky Wijaya Praba Saputra
    Professor Level 14

    saatnya mencari hp lama heheh

    Damar Putra

    ikutan gan 

  • Ica Shopp
    Novice Level 1

    iu di smua jenis hp ?

  • dedi
    Novice Level 1

    Ribet ngurusnyaRibet ngurusnya

  • Bima Satria
    Master Level 25

    Ribet ngurusnyaRibet ngurusnya

    dedi

    iya emang sih wkkwkw