Dighie
Novice Level 2
16 Juli 2014 - 09:00

Si Elegan Samsung Galaxy S5 Yang Tahan Air

Kesuksesan Samsung Galaxy S4 yang laris di pasaran membuat Vendor asal Korea Selatan ini meluncurkan lagi varian teranyarnya Bulan Juni 2014 lalu, yaitu Samsung Galaxy S5. Hampir sama dengan pendahulunya, desain body Samsung Galaxy S5 ini masih menggunakan bahan plastik yang memang ternyata diminati di pasaran. Pada seri ini, Samsung juga tetap mempertahankan memory internal sebesar 32 GB dan Sistem Operasi Android 4.4 yang dilengkapi dengan touchwiz.

            Perubahan pada Samsung Galaxy S5 ini dapat dilihat pada spesifikasi hardwarenya. Samsung Galaxy S5 ini menggunakan sebuah prosessor Snapdragon Chipset 801 dan grafis Adreno 330. Perubahan ini terlihat sangat signifikan, aplikasi yang dijalankan secara bersamaan dan simultan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa terputus. Prosessor yang digunakan ini sama seperti yang digunakan pada LG G3 dan juga Xperia Z2. Walaupun untuk masalah daya baterai, Samsung Galaxy S5 ini masih kalah saing dengan 2 ponsel tersebut, tetapi daya tahan baterai untuk 2800 mAh ini dapat digunakan selama 17 jam waktu bicara. Juga penambahan lebar layer dari yang 5 inchi menjadi 5.1 inchi, tapi ini tidak terlalu kentara mengingat penambahannya hanya 0.1 inchi saja.

 

            Selain hal tersebut diatas, penambahan fitur lainnya ada pada kamera utama. Samsung Galaxy S4 mempunyai 13 MP untuk kamera utamanya, sedangkan Samsung Galaxy S5 ini dilengkapi dengan 16 MP dan resolusi maksimal sebesar 4640 x 3840 pixels. Selain itu, seperti yang tertera pada situs resmi Samsung Indonesia, kamera ponsel ini sudah dikengkapi dengan fitur HDR. Apabila saat memotret foto atau merekam video terdapat cahaya kuat yang menyorot langsung atau subjek berbayang, fitur HDR ini dapat diaktifkan. Preview pencahayaan dan warna secara real time dan diproduksi ulang dengan tajam dan jelas saat pengambilan gambar.

 

Gambar 1. Fitur Preview HDR

 

 

            Selain dari beberapa hal diatas, fitur-fitur canggih terbaru juga disematkan pada smartphone Samsung ini. Setelah kesuksean Xperia Z, Samsung juga mencoba menggunakan fitur water and dust resistance pada Galaxy S5. Dengan sertifikasi IP67, Samsung Galaxy S5 tahan terhadap keringat, hujan, cairan, pasir dan debu. Fitur ini sudah diuji pada perendaman di 21.7°C air tanpa kandungan kimia hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Pengujian dilakukan dengan semua perangkat dalam keadaan tertutup kecuali 3.5 mm jack headphone.

 

Gambar 2. Fitur Water and Dust Resistant

 

 

Selain dari itu, inovasi baru yang dimunculkan pada seri ini adalah Heart Rate Censor, yaitu pengukur detak jantung langsung dari smartphone. Galaxy S5 adalah smartphone pertama yang menggunakan fitur ini. Cara kerjanya tinggal menempelkan jari pada bagian belakang ponsel, lalu pengukuran akan berlangsung. Cukup mudah, bukan?!

 

Gambar 3. Heart Rate Censor

 

            Karena fitur-fitur dan spesifikasi di dalamnya yang cukup canggih, smartphone ini dibandrol dengan harga 8 jutaan rupiah. Smartphone ini sepertinya memang diluncurkan untuk masyarakat menengah keatas, dan juga agar dapat bersaing dengan ponsel-ponsel lain sekelasnya.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar