shritz
Senior Level 9
14 Juni 2014 - 11:50

Nokia X, Affordable Dual SIM Smartphone

Nokia X, merupakan smartphone dengan basis Android dari Nokia. Nokia sendiri merupakan salah satu vendor smartphone yang terlambat mengadopsi Android sebagai operating system. Dengan kode Nokia Normandy, Nokia X merupakan smartphone Android pertama Nokia. Dengan menggunakan Android Jellybean AOSP (Android Open Source Project), secara utuh, Nokia X tidak didukung oleh Google. Dengan kata lain, di dalam Nokia X tidak terdapat Gmail, PlayStore, Maps ataupun fasilitas Google Apps lainnya.

Tetapi kekuatan Nokia X terletak di aplikasi pemetaan Nokia Here yang sudah diakui di dunia sebagai premium maps dengan tingkat akurasi yang baik. Juga dukungan dari Microsoft sebagai induk dari Nokia, menyediakan OneDrive. Nokia Mail sebagai pengganti Gmail memberikan sentuhan yang berbeda, namun mendukung standar email protokol yang umum seperti POP3, IMAP, SMTP dan mendukung SSL. Nokia Store sebagai pengganti Playstore diklaim Nokia mampu mengadopsi hampir semua aplikasi android yang ada di playstore, developer hanya cukup submit aplikasi mereka ke Nokia Store.

 

Dengan ukuran layar 4”, Nokia X nyaman di dalam genggaman. Dan bahan penutup belakang yang bertekstur dan dengan beberapa pilihan warna, membuat genggaman lebih baik dan tidak meninggalkan bekas sidik jari. 

Mengaktifkan layar, dapat menggunakan tombol power yang terletak di samping kiri, di bawah tombol volume atau dengan mengetuk layar 2 kali seperti fungsi “Knock-On” pada smartphone LG. Rasio kontras pada Nokia X cukup baik dan dengan kepadatan warna mencapai 16 juta warna, menampilkan gambar yang cukup bagus untuk entry-level smartphone.

Sebagai smartphone entry-level, Nokia X dibekali dengan prosesor dua inti dengan kecepatan 1 Ghz, didukung dengan GPU Adreno 203. Dan kapasitas penyimpanan internal 4 Gb, namun yang dapat digunakan user sekitar 1.2 Gb, tetapi Nokia X menyediakan slot untuk microSD yang mampu membaca sampai 32 Gb. Untuk RAM, Nokia X hanya dibekali dengan 512 Mb, seimbang dengan harga yang ditawarkan.

Dan kamera yang ditanamkan di dalam Nokia X sebesar 3.15 Mp di bagian belakang. Tanpa kamera depan. Kualitas foto tidak terlalu menjanjikan karena kameran yang ditanam hanya menggunakan fixed-focus. Sedangkan untuk kemampuan pengambilan video, Nokia X hanya mampu mencapai kualitas FWVGA (864 x 480) dengan framerate 30fps. 

Dukungan untuk jaringan data Nokia X adalah quadband untuk kedua slot SIM dan 3G + HSPA untuk slot SIM 1. Dan standar koneksi seperti Bluetooth dan Wifi tersedia.

Untuk keyboard, Nokia memberikan sedikit sentuhan yang cukup mengejutkan. Dengan kemudahan penggunaan seperti yang ada pada Nokia Asha, ditambahkan kemampuan seperti Swype. Tingkat ketepatan baik dalam posisi tegak maupun mendatar sangat baik. Standar kursor android, cut, copy dan paste juga terintegrasi dengan baik di dalam keyboard ini.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar