shritz
Senior Level 9
13 Juni 2014 - 16:26

Motorola Moto G - Best Bang for the Buck

 

moto g

Motorola kembali meluncurkan produk menengahnya dengan merilis Moto G yang diposisikan untuk melawan ponsel kompetitor pesaing seperti Sony Xperia Z1 Compact ataupun Samsung Galaxy S4 Mini. Kali ini, Motorola berkolaborasi dengan Google dalam merancang Moto G, dan seperti yang kita sudah tahu, campur tangan Google dalam membuat sebuah ponsel selalu membuahkan hasil yang memuaskan dan menarik untuk digunakan. Contohnya, seperti Google Nexus Series. Apakah Moto G juga sedemikian rupa?

 


Ponsel yang memiliki dimensi 12.99 x 6.59 x 1.16 cm ini memiliki enam varian warna ceria yang dapat anda pilih, dan yang lebih menyenangkan lagi, anda dapat mengganti casing dari handphone ini sesuka hati anda. Ya, Motorola menjual Back Case Moto G secara terpisah yang anda bisa dapatkan di gerai Motorola terdekat. Kualitas plastik yang dimiliki Moto G sepantaran dengan kompetitor-kompetitornya, dan untuk ukuran ponsel value, kualitasnya cukup bisa diandalkan. Walaupun berukuran cukup besar, Moto G tetap mudah disimpan dalam saku celana dan dapat dengan mudah dikeluarkan apabila ingin digunakan.


 



 


Layar yang digunakan Moto G memiliki ketajaman dan pencahayaan yang sangat apik, dan merupakan nilai plus paling besar pada ponsel ini. Layar IPS Panel sebesar 4.5 inch dengan resolusi 1280 x 720 pada Moto G memiliki pixel density sebesar 326 ppi, yang berarti ponsel ini memiliki ketajaman warna yang sama dengan Apple Iphone 5S. keindahan tampilan Moto G juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 yang sering digunakan pada ponsel - ponsel premium di atas kelasnya. Super!


Moto G menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang dipadu dengan prosesor Quad-Core Cortex-A7 berkecepatan 1.2 Ghz dan kartu grafis Adreno 305. Dengan kekuatan prosesor sedemikian rupa, game-game 3D berat seperti Real Racing 3 ataupun Clash of Clan tidak menjadi masalah untuk Moto G. Demikian juga dengan kemampuan Multi-Taskingnya, Moto G tidak mengalami lag ketika membuka banyak aplikasi chat dan social media. Walaupun memiliki Chipset dan Prosesor yang cepat, baterai Moto G tetap hemat dan tahan lama untuk dipakai secara normal sampai sekitar 10 jam sampai butuh dicharge kembali.


Memori yang ditawarkan oleh Motorola untuk ponsel ini adalah 8 GB dan 16 GB, tanpa memory card tambahan. Tidak adanya memory card tambahan jelas merupakan momok bagi para user yang memanfaatkan Storage besar untuk menyimpan berbagai program dan file-file multimedia seperti lagu dan gambar high quality.


Mengadopsi Android Jelly Bean 4.3, Moto G memiliki stabilitas software yang cukup baik untuk ponsel di kelasnya. Moto G juga dapat diupgrade menjadi Android Kitkat 4.4.3 yang dapat memberikan performa lebih baik dan maksimal dibandingkan Jelly Bean. User Interface dan aplikasi bawaan pada Moto G cukup nyaman untuk digunakan dan user-friendly. Multimedia pada Moto G seperti gallery dan media player sangat lincah dan mudah digunakan, ditambah lagi kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Moto G cukup jernih dan bagus pada kelasnya.


Menilik kameranya, Moto G memiliki kamera utama dengan resolusi 5 Megapixel, yang dilengkapi oleh Flash dan fitur Auto-HDR. Kamera depannya pun memiliki resolusi 1.3 Megapixel seperti ponsel-ponsel lainnya. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera utama Moto G tidaklah begitu memuaskan. Kontras dan ketajaman gambarnya kurang begitu mencolok dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya.


 Last but not least, Moto G merupakan ponsel yang sangat layak dimiliki melihat dari harga yang ditawarkannya. Dengan harga baru sekitar Rp.2.5 Juta, ponsel ini memiliki fitur dan fleksibilitas yang bisa dibilang sepantaran dengan Google Nexus Series yang notabene merupakan sepupunya dari Google sendiri. Walaupun memiliki kekurangan pada segi memori dan kamera, Moto G tetap memiliki nilai yang tidak bisa ditawarkan oleh kompetitor-kompetitornya.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar