Karel Harley Sebastian
Apprentice Level 3
22 Mei 2014 - 17:53

Tips meningkatkan kinerja Galaxy S4 agar lebih responsif (tanpa aplikasi tambahan)

Tips meningkatkan kinerja Galaxy S4 agar lebih responsif

Galaxy S4 merupakan salah satu smartphone keluaran Samsung yang terkenal karena berbagai macam fitur yang luar biasa. Sayangnya terkadang para user mengalami masalah berkaitan dengan penurunan peforma yang disebabkan banyaknya aplikasi yang diinstal dan juga dikarenakan oleh sejumlah fitur yang membuat perangkat proses Galaxy S4 harus bekerja lebih keras. Tapi jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips yang bisa membuat Galaxy S4 anda lebih responsive dari segi peforma

 

Matikan akses tombol Home ke S-Voice

S-Voice merupakan fitur yang sangat penting dan anda bisa mengakses fitur ini dengan mencarinya pada daftar aplikasi atau dengan melakukan klik dua kali pada tombol Home. Sayangnya penggunaan jalan pintas melalui tombol Home tersebue menyebabkan delau sekitar 1 atau 2 detik pada Galaxy S4 anda, sehingga sebaiknya jalan pintas seperti ini dimatikan saja jika anda ingin gadget kesayangan anda tersebut lebih responsif.

Untuk mematikannya, pertama tekan dua kali tombol Home untuk mengakses fitur S-Voice, kemudian pilih tab  Settings di bagian kiri.

1 2

Kemudian setelah tab Settings terbuka, akan tampil beberapa pilihan. Hilangkan centang pada pilihan Open via the home key.

3

 

 

Kurangi atau matikan Animation Scale

Sudah sangat jelas bahwa fitur animasi merupakan fitur yang paling membebani kinerja RAM dan processor pada sebuah gadget. Oleh karena itu jika anda lebih mementingkan peforma sebaiknya anda mematikan sejumlah fitur animasi yang tidak perlu.

Untuk mematikan fitur animasi tersebut masing ke Settings kemudian cari tab More,setelah anda menemukannya klik dan anda akan beralih ke jendela berikutnya yang menampilkan sejumlah informasi seputar versi android yang anda gunakan. Scroll ke bawah dan cari Build Number, kemudian klik pada Build Number berkali-kali sampai muncul tulisan bahwa anda sudah masuk dalam Developer Mode.

 

4 5

 

Setelah itu kembali ke jendela sebelumnya, dan akan muncul pilihan Developer Options. Klik pada pilihan tersebut.

 

6

 

Selanjutnya pada Developer Options cari tab Animation Scale (Window, Transition, dan Animator).

 

7

 

Selanjutnya anda tinggal mematikan animation scale dari ketiga tab tersebut atau anda bisa mengurangi animation scale menjadi 0.5 jika anda masih ingin menikmati sedikit animasi pada Galaxy S4 anda.

 

Matikan fitur Unlock Effect

Fitur ini merupakan fitur animasi yang akan tampil ketika anda membuka kunci keamanan pada Galaxy S4 anda. Jika anda perhatikan dengan seksama, anda akan melihat terjadi semacam lag atau delay ketika anda membuka kunci keamanan pada gadget anda tersebut.

Untuk mematikannya masuk ke Settings lalu pilih tab My device.

 

 8

 

Pada tab My device pilih pilihan Lock Screen, kemudian pilih None untuk mematikan Unlock Effect.

  

8 9

 

Itulah tadi sejumlah tips untuk membuat Galaxy S4 anda agar lebih responsif, semoga bisa membantu dan sampai jumpa lain waktu :) !!!

 

 

 

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar