Dighie
Novice Level 2
18 Mei 2014 - 23:43

CARA INSTALL APLIKASI ANDROID DI BLACKBERRY OS 10

Kehadiran Operating System terbaru Blackberry yaitu OS 10 yang telah dirilis awal tahun 2013 memunculkan beberapa pertanyaan pengguna smartphone Blackberry. Sebenernya apa sih bedanya OS 10? Ternyata OS terbarunya itu mempunyai banyak perbedaan dengan interface yang lebih menarik dan mempunyai banyak fitur yang baru. OS terbarunya ini hanya bisa digunakan pada produk Blackberry terbaru. Produk pertamanya itu adalah Blackberry Z10. Begitu juga dengan seri terbaru Blackberry yang baru launching pekan ini yaitu Blackberry Z3.

OS 10.2 Blackberry bisa install aplikasi Android.
Operating System terbaru yang disebut OS 10 ini mengalami beberapa kali update. Dan yang menariknya pada OS 10.2 developer blackberry menambahkan layer runtime Android Jelly Bean 4.2. Sehingga pada smartphone blackberry dengan OS 10.2 bisa diinstall aplikasi Android. Tentunya ini sangat mengejutkan dan bisa menguntungkan bagi pengguna setia smartphone Blackberry yang ingin mencoba aplikasi android. Tapi tetap saja aplikasi tersebut tidak selancar pada smartphone Android. Untuk itu developer Blackberry kembali melakukan update untuk OS 10.2 ini menjadi OS 10.3. Dimana pada OS paling baru ini aplikasi android lebih lancar karena menggunakan Layer Android 4.3.

 

Lalu Bagaimana Cara Menginstall Aplikasi Android di Blackberry OS 10?

Untuk menginstallnya memang cukup rumit, karena pada OS 10 sendiri tidak dilengkapi Google Play Store yaitu Store khusus Android. Sehingga pengguna harus mencari file APKnya sendiri yang bisa didownload di browser. Tapi sekarang sudah tersedia market pihak ketiga untuk Blackberry OS 10 yang menyediakan berbagai aplikasi Android.

Ada 2 cara, yang pertama adalah tanpa menggunakan market pihak ketiga.

1. Tanpa Market Pihak ketiga
Kamu cuku buka di browser dan cari file APKnya, setelah itu download. Dan cukup menginstall aplikasi itu dengan menekan tombol install dan accept. Cara ini memang mudah jika sudah tersedia file APKnya. Tapi kalau belum tersedia, untuk mencarinya di broser cukup ribet karena harus mencari file yang tepat.

 

 

2. Dengan Aplikasi Market Pihak Ketiga.

Cara ini lebih mudah dari cara sebelumnya. Kamu cukup mendownload aplikasi 1MobileMarket yang tersedia di store blackberry, selanjutnya kamu install dan lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini. kamu pun bebas memilih aplikasi Android yang tersedia di market tersebut dan hanya menekan tombol install.

Download 1mobile

Install 1mobile

Download App Android

Install App Android

 

Apa Alasan Blackberry Menambahkan Layer Runtime Android di OS terbarunya?

Ini menjadi pertanyaan besar kenapa Blackberry menambahkan fitur yang bisa mengisntall aplikasi Android. Pastinya produsen smartphone satu ini sudah memikirkan dan mengkonsep hal ini. Sama halnya dengan alasan kenapa Blackberry menyediakan BBM untuk Android. Mungkinkah ini taktik atau strategi? Lalu apakah kamu tertarik dengan OS Blackberry satu ini yang bisa menginstall aplikasi Android?

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Aldi My
    Novice Level 2
    thank you