Karel Harley Sebastian
Apprentice Level 3
15 Mei 2014 - 15:29

Tips agar baterai iPhone 5 anda tidak cepat habis

Tips agar baterai iPhone 5 anda tidak cepat habis

Terkadang para pengguna iPhone terlalu asyik mengoperasikan gadget kesayangan mereka itu sampai lupa kalau baterai iPhone miliknya sudah hampir habis. Yang parahnya lagi jika terjadi suatu keadaan darurat yang mengharuskan anda menggunakan iPhone anda untuk berkomunikasi, tapi karena baterainya habis, anda tidak bisa berbuat banyak dan harus melakukan charging lagi. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan anda kan? Tapi tenang, ada beberapa tips agar baterai iPhone 5 kesayangan anda bisa bertahan lebih lama. Check this out!! 

Matikan Wi-Fi

Ketika anda sedang tidak menggunakan jaringan Wi-Fi pada iPhone anda, sebaiknya anda mematikannya karena fitur Wi-Fi merupakan salah satu fitur yang paling banyak menyerap energy dari baterai.

Untuk mematikan Wi-Fi masuk ke menu Settings > Wi-Fi Networks.

 

1

 

Gunakan Auto-Brightness

Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan pencahayaan iPhone anda dengan kondisi sekitar, sehingga ketika berada di tempat yang terang, anda bisa menghemat daya baterai iPhone anda.

Untuk mengatifkannya masuk ke menu Settings > Brightness and Wallpaper.

 

2

 

Matikan Bluetooth

Mungkin ini adalah hal yang sepele, tapi tanpa anda sadari Bluetooth juga memerlukan energi dari baterai yang tidak sedikit, jadi kalau anda terus-terusan mengaktifkan Bluetooth anda, mungkin dalam beberapa jam baterai iPhone anda sudah berkurang drastis.

Masuk ke menu Settings dan cari pilihan Bluetooth, kemudian slide kea rah kanan untuk mematikannya.

 

3

 

Matikan Location Services

Location Services atau fitur GPS merupakan salah satu fitur unggulan iPhone. Tapi fitur ini memerlukan koneksi secara berkelanjutan ke jaringan internet, dan sama halnya seperti Wi-Fi fitur ini akan menghabiskan energy baterai yang cukup banyak. Sebaiknya matikan fitur ini ketika anda tidak menggunakannya.

Masuk ke menu Settings > Privacy > Location Services  dan slide menjadi Off.

 

4

 

Gunakan Auto-Lock

Ketika anda sedang tidak menggunakan iPhone anda, gadget kesayangan anda tersebut akan berada dalam kondisi Stand By dan tentu saja akan menyerap energy dari baterai. Dengan menggunakan Auto-Lock iPhone ada akan berada dalam mode di mana penggunaan energy baterai bisa diminimalisir dan tentunya menghindari kondisi Stand By tadi.

Untuk mengatifkannya masuk ke menu Settings > General > Auto-Lock dan pindahkan ceklis dari Never ke menit yang anda inginkan.

 

5

 

 

Matikan Background Apps Refresh

Fitur ini akan memperhatikan aplikasi yang paling sering anda gunakan, lalu secara otomatis melakukan update pada fitur tersebut pada saat tertentu. Misalnya ketika anda mengakses aplikasi sosial media pada jam 5, maka sistem dalam iPhone akan secara otomtasi melakukan update pada aplikasi tersebut pada jam yang sama dengan jam anda mengaksesnya. Memang sih ini fitur bagus banget, tapi saying sekali fitur ini menghabiskan banyak daya. Jadi sebaiknya dimatikan saja.

Masuk ke menu Settings > General > Background Apps Refresh kemudian pilih aplikasi mana yang akan dimatikan Background Refreshnya.

 

6

 

Jangan Gunakan Dynamic Background

Fitur ini akan membuat tampilan iPhone 5 kesayangan anda menjadi semakin menarik dengan animasi wallpaper yang bergerak. Dan bisa dipastikan, apa pun fitur yang berkaitan dengan animasi tentunya akan membutuhkan konsumsi baterai yang lebih banyak. Gunakanlah Stills Background jika anda berniat menghemat baterai anda.


7

 

Hal-hal sepele seperti di atas bisa sangat mempengaruhi durasi kerja baterai anda,  manfaatkanlah fitur yang ada pada iPhone 5 anda dengan bijak dan sesuai kebutuhan jika anda masih ingin menghemat daya baterai gadget kesayangan anda itu.

 

 

 

 

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • ariawan
    Senior Level 11
    hal-hal simple sih, nice info gan!

    jangan lupa juga bawa chargeran sama powerbank.. hahaha
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    katanya kalau pake powerbank, malah ga dianjurkan sama apple sendiri lho
  • Bima Satria
    Master Level 25
    emang kata ga boleh sering2 pake powerbank kalo buat iPhone mah