Diperbaharui pada Jumat, 27 Juli 2018 | 14:46

3 Aplikasi Android Gratis untuk Memantau Gerhana Bulan 28 Juli

Tanggal 28 Juli ini, masyarakat Indonesia bisa melihat fenomena gerhana bulan yang jarang terjadi. Menariknya lagi, gerhana bulan yang akan terjadi besok ini merupakan gerhana bulan dengan waktu terlama di abad ini lho!

Jadi, butuh waktu seabad lagi bagi kamu untuk bisa merasakan atau melihat fenomena ini kembali. Hal ini menjadikan gerhana bulan kali ini menjadi fenomena sekali seumur hidup yang bisa kita rasakan.

Untungnya, kemajuan teknologi juga sudah sangat mendukung kita untuk bisa merasakan momen langka ini. Sebab sekarang sudah ada aplikasi yang bisa kita pakai untuk memantau gerhana bulan.

Cukup download aplikasi ini, maka gerhana bulan langsung bisa kamu pantau secara realtime hanya dengan menggunakan smartphone. Apa saja aplikasi untuk memantau gerhana bulan 28 Juli ini? Berikut diantaranya:

1. Star Chart

Aplikasi Android untuk memantau gerhana bulan yang pertama adalah Star Chart. Hal keren dari Star Chart adalah aplikasi ini akan mengubah smartphone kamu layaknya sebuah planetarium mini.

Di mana Star Chart akan memperlihatkan kepada kamu posisi bintang dan bulan secara real-time dengan teknologi 3D yang sangat keren. Untuk menggunakan Star Chart, kamu cukup menyalakan GPS di hp dan kamu bisa mulai memantau gerhana bulan dari HP mu.

2. Sky Map

Sebenarnya, aplikasi Sky Map awalnya adalah aplikasi yang dibuat langsung oleh Google. Secara fungsi, sama seperti Star Chart, Sky Map juga akan membuat hp kamu layaknya sebuah planetarium mini. Bahkan, aplikasi ini akan lebih menarik dilihat jika kamu menggunakan dengan perangkat VR (Virtual Reality).

Dengan menggunakan VR, kamu bisa memandang posisi bintang seluas 360 derajat. Sehingga pengalaman melihat angkasa luar menjadi lebih terasa.

3. SkySafari 5

Satu lagi aplikasi untuk memantau gerhana bulan yang bisa kamu manfaatkan. SkySafari 5 memiliki grafis yang sangat keren. Di aplikasi ini, selain bisa melihat bulan, kita juga bisa mematau posisi planet-planet di rasi bintang kita yang ada di luar angkasa.

Untuk bisa melihat posisi bulan yang lebih tepat, SkySafari 5 memanfaatkan fitur GPS smartphone kamu untuk menentukan posisi presisi dari bulan secara real time. Selain melihat posisi bulan, kita juga bisa memanfaatkan Sky Safari 5 untuk memantau posisi benda luar angkasa lain.

Seperti posisi rasi bintang, matahari, atau planet-planet di galaksi bimasakti. Kita juga bisa makin pintar karena aplikasi ini memberikan deskripsi dari objek-objek tersebut. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi pro, meski harus berbayar.

Saksikan Momen Langka dengan Cara Berbeda

Dulu, untuk memantau gerhana bulan, kita mungkin membutuhkan perangkat teleskop yang harganya mahal dan cukup ribet dibawa kemana-mana. Tapi, seiring kemajuan zaman, kita sudah bisa memantau bulan hanya dengan menggunakan smartphone secara real time. Jadi, ayo rasakan momen gerhana matahari 28 Juli dengan cara berbeda!.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts