Diperbaharui pada Selasa, 17 Juli 2018 | 15:40

Harddisk WD Purple 12TB Dilengkapi Machine Learning dan AI

Western Digital Corporation kembali memperluas portofolio perangkat surveilans-nya dengan memperkenalkan lini produk harddisk surveilans berkapasitas tertinggi di industri. Dalam model Western Digital Purple 12TB, perangkat ini mampu mengaplikasikan deep-learning yang dilengkapi dengan teknologi AllFrame AI.

Tambahan perangkat terbaru ini pada portofolio surveilans Western Digital menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru dalam video surveilans dengan mendukung pengambilan berbagai video beresolusi tinggi dan secara bersamaan bisa mengakses rekaman video untuk mendukung deep learning dan analitik. Kemampuan ini didesain untuk sistem DVR dan NVR dengan kapabilitas Artificial Intelligence (AI) di dalamnya yang diperuntukkan untuk mendukung deteksi peristiwa-peristiwa yang dipicu AI secara realtime pada saat pengambilan video sambil terus melakukan analisis. 

Menurut IDC, big data yang berjumlah exabyte yang dihasilkan oleh solusi-solusi surveilans diprediksi akan tumbuh 25 persen pertahun hingga 2021. Pertumbuhan ini didorong oleh penggunaan berbagai kamera canggih dengan resolusi yang semakin tinggi, semakin banyaknya aplikasi-aplikasi intelijen dan semakin meluasnya penggunaan video untuk analitik secara global.

Sistem video surveilans tradisional mendeteksi subyek bergerak tanpa menyediakan analisis yang mendetail. Sedangkan, sistem-sistem barunya memungkinkan tambahan fungsi-fungsi, misalnya analitik pada sistem paling ujung secara real-time agar dapat mendeteksi objek lebih baik dan mengurangi kesalahan tanda bahaya (alarm).

Objek-objek seperti binatang, daun-daun dan bahkan cahaya dapat memicu kesalahan tanda bahaya. Sistem-sistem dengan teknologi AI bukan hanya mendeteksi benda bergerak, tetapi juga dapat menganalisanya agar membantu dalam menentukan apakah hal tersebut merupakan potensi bahaya atau tidak.

Sebagai tambahannya, algoritma deep­-learning membantu melampaui sistem deteksi gerakan yang sederhana sehingga memungkinkan kemampuan-kemampuan yang lebih canggih lagi, seperti deteksi wajah dan prediksi perilaku yang mendorong kemajuan pada industri retail dan hiburan, misalnya. 

Hard disk kelas surveilans Western Digital Purple 12TB ini memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi bagi semua sistem surveilans video yang kompatibel. Perangkat Western Digital Purple berkapasitas 10TB dan 12TB memiliki fitur teknologi AllFrame AI eksklusif yang didesain secara spesifik untuk sistem-sistem berteknologi AI. Hal ini membuat hard drive tersebut mendukung hingga dua kali channel AI (16 AI channels/32 AI streams) daripada kompetitor dan siap digunakan dimasa mendatang untuk sistem generasi selanjutnya guna membantu evolusi deep-learning dan analitik video pada pasar surveilans. 

Hard drive kelas surveilans Western Digital Purple akan tersedia di berbagai jaringan distributor resmi Western Digital di Indonesia mulai bulan September 2018. Manufacturers Suggested Retail Price (MSRP) atau harga produk ini mulai dari Rp6.300.000 untuk kapasitas 10TB (model #WD101PURZ) dan Rp7.800.000 untuk kapasitas 12TB (model #WD121PURZ). 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.