BlackBerry Key2 Resmi Diluncurkan, Harganya Mencengangkan!

Oleh Rizki Abadi updated Jumat, 8 Jun 2018 | 12:54

blackberry key2

TCL baru saja meluncurkan produk smartphone terbarunya yaitu BlackBerry KEY2. Diluncurkan di New York, Amerika Serikat, smartphone ini masih mempertahankan sejumlah ciri khas yang terdapat pada BlackBerry KeyOne

Di mana Key2 hadir dengan mempertahankan bentuk persegi panjang dan masih didukung keyboard fisik ikonik khas BlackBerry. Selain itu, TCL juga melakukan sejumlah pengembangan pada hp ini, apa saja? Berikut diantaranya.

Desain

Seperti yang sudah disebutkan, BlackBerry KEY2 terlihat sangat mirip pendahulunya BlackBerry KeyOne. Namun, pengembangan desain yang dilakukan membuat Key2 menjadi tampak berkelas, dengan bingkai aluminium seri 7, keyboard ikonik di bagian depan, dan panel belakang berbahan karet bercorak pola berlian.

Di bagian depan, masih ada layar 4,5 inci dengan rasio aspek 3:2. Keyboard hp ini di bawahnya telah melihat sedikit perbaikan. Layar ini berteknologi IPS LCD beresolusi 1080 x 1620 pixels dan sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Ketinggian keyboard pada Key2 telat dinaikkan sebesar 20 persen yang diklaim mampu menyajikan rasa nyaman dan presisi saat mengetik. Ada juga lapisan matte baru, yang berfungsi untuk mengoptimalkan jarak.

Sensor pemindai sidik jari pada Key2 masih tertanam pada tombol spasi. Ada juga dukungan Speed Key terbaru yang berfungsi sebagai shortcut untuk memudahkan pengguna mengakses aplikasi kapan saja sebanyak 52 buah.

Prosesor

Sama seperti BlackBerry KeyOne, BlackBerry Key2 masih menggunakan prosesor kelas midrange. Bedanya, Key2 sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 octa-core berdetak di 2.2 Ghz yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 512.

Untuk RAM, BlackBerry Key2 datang dengan RAM besar 6GB beserta pilihan ROM 64GB dan 128GB. Bila dirasa kurang, kita bisa menambahkannya dengan menggunakan slot MicroSD hingga 256GB. Disematkan juga baterai berkapasitas 3500mAh yang diklaim bisa bertahan selama 2 hari dalam mode stand by.

Kamera

Untuk kamera, terdapat modul kamera ganda di bagian belakang. Hal ini adalah yang pertama diberikan untuk ponsel BlackBerry. Dua kamera ini bersensor 12 MP (f/1.8, 1/2.3", 1.55µm, DP PDAF) + 12 MP (f/2.6, 1.0µm, PDAF), khusus untuk kamera sekunder berfungsi sebagai lensa tele yang punya fitur Optical Superzoom.

Di bagian depan, ada kamera bersensor 8 MP (f/2.0, 1.12µm), kamera depan ini tidak memiliki Flash. Sebagai gantinya, layar hp akan dapat berkedip dalam warna putih terang ketika kita membutuhkan lampu flash pada saat berfoto selfie.

Menariknya, fitur kamera BlackBerry Key2 sudah mendapat dukungan Google Lens. Jadi fitur kameranya dijamin sudah sangat canggih.

Software

BlackBerry KEY2 akan, hadir dengan OS berbasis Android 8.1 Oreo. BlackBerry juga fokus untuk meningkatkan kualitas keamanan pada hp ini karena sudah didukung oleh program Google Enterprise Android Recommended.

Hal ini berarti Key2 sudah mendapat tambahan perlindungan keamanan bulanan sesuai yang diminta oleh Google. Di samping itu, BlackBerry memastikan kalau Key2 akan mendapat update OS Android P.

Harga

TCL akan mulai mengapalkan BlackBerry Key2 beberapa bulan ke depan secara global, tapi belum jelas negara mana saja yang akan dituju oleh hp ini. Satu masalah dari hp ini adalah harganya yang mencapai USD 649 atau sekitar 9 jutaan.

Sangat mahal untuk hp yang menawarkan spesifikasi kelas menengah. Belum jelas kenapa hp ini bisa dijual begitu mahal, tapi keamanan tinggi yang ditawarkan jelas bisa menjadi salah satu alasannya.

Artikel Lainnya

Komentar

Ervan setiawan Kamis, 14 Jun 2018 | 13:02
Masih inget dulu sekitar tahun 2009 yang punya BB, orang kaya. emang sih keamanan lebih baik dari hp yang lainya.
Ervan setiawan Kamis, 14 Jun 2018 | 13:10
Masih inget dulu sekitar tahun 2009 kalo yang punya BB, cuma orang kaya. dulu jga mahal bngt, emang sih keamanan lebih baik dari hp yang lainya.