11 Fitur ASUS ROG Phone yang Bikin Minder Hp Android Lain

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 7 Jun 2018 | 10:47

ASUS ROG Phone terus saja menyita perhatian pasar mobile dunia. Hadir sebagai hp gaming dengan spesifikasi terbaik saat ini, ROG Phone akan menjadi pesaing terkuat bagi Razer Phone dan Xiaomi Black Shark.

Menyasar penggemar mobile gaming dengan spesifikasi kelas atas untuk memainkan game dalam kualitas tinggi, tentunya ASUS ROG Phone berbeda dari hp Android lain yang sudah banyak beredar di pasaran saat ini.

Apa saja yang menjadi pembeda ASUS ROG Phone dengan hp Android lainnya? Berikut ulasannya :

1. Layar dengan Refresh Rate 90Hz

ASUS ROG Phone juga hadir dengan fitur terkini dengan bentang layar 6 inch. Beda dengan hp Android lainnya, layar ini memiliki refresh rate 90Hz, sehingga dapat menampilkan frame 50% lebih banyak dari layar lainnya (rata-rata layar hp yang ada saat ini memiliki refresh rate 60Hz).

Hasilnya grafis dalam game terlihat lebih smooth dan lebih optimal. Apalagi layar di hp gaming terbaik ini sudah di dukung ultra-fast AMOLED dengan waktu respon 0,001 detik. Layar ini juga sudah mendukung HDR dengan rasio contrast 10,000:1

2. Punya 3 Port USB Type-C

Image via LinusTechTips

Hal paling menarik dari ASUS ROG Phone ini dari hp Android lainnya adalah keberadaan 3 port USB-C. ketiga port USB-C ini bisa ditemukan di bagian bawah, dan 2 port di sisi kiri. Bukan tanpa alasan, dengan port USB-C di sisi kiri memungkinkan pengguna tetap dapat bermain ketika harus mengisi ulang baterai tanpa terganggu kabel charger. Termasuk juga sebagai konektor untuk terhubung ke berbagai aksesoris yang ada.

3. Sensor Ultrasonic

Fitur yang tidak biasa di ASUS ROG Phone lainnya yaitu penggunaan 3 sensor ultrasonic. Dua di antaranya berfungsi sebagai trigger yang dapat diprogram untuk bermain secara landscape, sehingga memungkinkan pengguna melihat layar lebih luas. Untuk sensor ultrasonic ketiga ada di bagian bawah sisi kiri, yang memungkinkan pengguna menekan ponsel untuk beralih aplikasi dengan cepat.

4. Pengisian Baterai Cepat

Image via thinkComputers.org

ASUS ROG Phone ditenagai baterai berkapasitas 4,000mAh. Yang membuatnya menarik adalah sudah di dukung teknologi ASUS HyperCharge yang mendesain chip charging di power adaptor bukan di perangkat. Untuk pengisian ulang baterainya cukup cepat, ASUS mengklaim baterainya terisi 60% dalam waktu 33 menit dan 80% selama satu jam.

5. Sistem Pendinginan Canggih


Sebagai hp gaming, ASUS ROG Phone sudah disiapkan dengan matang. Termasuk menyiapkan sistem pendinginan yang maksimal. Karena memainkan game dengan grafis tinggi akan membuat hardware cepat panas karena beban kerja yang besar.

Sistem pendinginan di hp gaming ini bernama ‘3D vapor-chamber cooling system’, yang berupa lempengan tembaga radiator ditambah beberapa bantalan pendingin karbon yang menempel pada papan sirkuit. Sistem ini menutupi sebagian besar ponsel secara internal.

Dan menyediakan area pembuangan panas 16 kali lebih banyak daripada desain pendingin smartphone standar. Sehingga memungkinkan daya tahan CPU tertinggi lebih lama hingga lima kali lipat.

6. Teknologi Audio Berkelas

ASUS ROG Phone menempatkan dual speaker yang menggunakan teknologi Smart Amp untuk memproduksi volume lebih lantang dengan distorsi rendah. Atau pengguna bisa menyambungkan ke headphone seperti ROG Delta Type-C.  Kualitas suara yang dihasilkan tentu akan berbeda dari hp Android lainnya. 

7. Prosesor Snapdragon 845 yang di Overclock

Sebagai hp gaming terbaik, ASUS ROG Phone tentu dipersenjatai hardware bertenaga. Salah satunya adalah penggunaan prosesor Snapdragon 845 yang memiliki Kryo CPU dan grafis Adreno 630. Berbeda dari hp dengan Snapdragon 845 lainnya, ROG Phone melakukan overclock prosesor hingga 2.96GHz. Clock speed ini lebih tinggi 200MHz dari prosesor standar.

Proses ini bisa dilakukan melalui fitur X Mode yang akan meningkatkan clock speed minimum untuk memastikan performa. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan masuk ke menu Quick Settings.

8. AeroActive Cooler

Image via Unbox.ph

Sebuah aksesoris yang memiliki fungsi sebagai pendingin perangkat melalui . AeroActive Cooler ini dibekali kipas atau fan yang akan berputar ketika disambungkan melalui oprt USB-C. Aksesoris ini ditempatkan pada bagian belakang dan bisa dikonfigurasi melalui sebuah aplikasi khusus. AeroActive Cooler memiliki jack audio 3.5mm dan port USB sendiri.

9. TwinView Dock

Image via YugaTech

Sebuah grip game yang dilengkapi layar dan baterai ekstra. Penggunaannya cukup mudah, cukup sambungkan ROG Phone ke bagian atas docking yang terhubung ke port USB. Lalu pengguna bisa memilih layar yang akan digunakan, docking atau hp.

10. Mobile Desktop Dock

Sebuah docking yang memungkinkan pengguna mengoneksikan hp ke PC. Dengan sekali klik, pengguna dapat mengakses PC atau ROG Phone menggunakan monitor, keyboard dan mouse yang sama.

11. WiGig Dock

Memiliki pendekatan yang berbeda dari TwinView Dock, dimana aksesoris ASUS ROG Phone ini menggunakan koneksi wifi latensi rendah 802.11ad 60GHz. WiGig Dock akan mengoneksikan perangkat ke layar yang lebih besar, seperti monitor atau TV. WiGig Dock juga dapat dihubungkan dengan kontroler GameVice, sehingga memungkinkan pengguna bermain seperti sebuah konsol game.

Melihat fitur-fitur pembeda di atas, rasanya ASUS ROG Phone menjadi hp gaming terkuat saat ini. Lalu berapa kira-kira harga yang pas untuk ROG Phone? Menarik untuk ditunggu.

Artikel Lainnya

Komentar

Ervan setiawan Rabu, 20 Jun 2018 | 03:48
Cukup kaget klo Asus, ngeluarin kaya gini.... baru tau fitur2nya..