OPPO F5 Resmi Dirilis, Ini Fitur Unggulannya!

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 16 Nov 2017 | 17:27

Oppo f5
OPPO telah resmi merilis perangkat Selfie Expert terbaru OPPO F5 yang telah menanam A.I Beauty Recognition Technology serta hadir dengan layar Full Screen FHD+ dengan rasio 18:9. Selain itu, OPPO F5 juga sudah dibekali dengan beragam fitur baru yang akan meningkatkan pengalaman penggunanya.

A.I. Beauty Recognition Technology sendiri merupakan teknologi kecerdasan buatan yang dapat mendeteksi secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin, dan usia dari subjek foto. Proses pendeteksian dilakukan pada 254 spot positioning, sehingga bisa menghasilkan foto selfie yang memikat

Tidak hanya itu, daya tarik Oppo F5 juga ada pada layarnya yang memiliki bentang seluas 6 inch. Yang menarik, meski berukuran besar namun bodinya tetap sama dengan hp berlayar 5,5 inch. Karena OPPO F5 menggunakan layar full display dengan ratio 18:9 dan screen-to-body-ratio mencapai 78%.

Untuk performanya, OPPO F5 ditenagai prosesor Mediatek Helio P23 yang akan disokong RAM 4GB/6GB dan kapasitas storage 32GB/64GB. Kali ini, OPPO F5 tidak menggunakan konsep dual kamera seperti pendahulunya OPPO F3. Namun penggunaan satu kamera ini diklaim bisa menghasilkan foto selfie yang lebih natural.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fitur unggulan yang ada pada OPPO F5 : 

A.I. Beauty Recognition Technology 

opppo f5
OPPO F5 dilengkapi kamera depan 20 MP dengan diafragma f/2.0 dan kamera belakang 16 MP dengan bukaan lebar f/1.8. Kamera depan F5 juga dapat memberikan efek bokeh dan HDR yang menjadi nilai tambah perangkat ini.

A.I. Beauty Recognition Technology merupakan teknologi kecerdasan buatan yang ditanamkan pada kamera depan 20MP. Melalui teknologi ini, kamera dapat mendeteksi secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin, dan usia dari subjek foto.

Teknologi ini akan memindai lebih dari 200 titik pada wajah, sehingga dapat mengenali setiap keunikan wajah subjek seperti pada bagian hidung, lekuk pipi, dan bentuk dagu. Tujuannya adalah untuk memastikan hasil foto OPPO F5 akan sesuai dengan kondisi wajah subjek tanpa terpengaruh dari ekspresi maupun sudut pengambilan gambar. Untuk kamera belakangnya, OPPO F5 dibekali sensor berukuran 16MP dengan aperture f/1.8. 

Layar Full Dislay FHD+

oppo f5
OPPO F5 mengusung layar besar seluas 6 inci dengan jenis Ful Screen FHD+ (2160 x 1080p). Layar sangat nyaman untuk menikmati konten-konten video, termasuk bemain game. Selain itu terdapat fitur Split Screen Mode yang dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus secara berdampingan dalam satu layar.

Facial Unlock

Selain dilengkapi sensor sidik jari di bagian belakang perangkat, OPPO F5 juga mengusung fitur Facial Unlock yang dapat membuka perangkat dengan melakukan pemindaian wajah. Ada 128 titik wajah yang akan dipindai tiap kali perangkat dihadapkan ke wajah pengguna, penggunaan pemindaian ini mempercepat F5 untuk membuka perangkat dalam waktu kurang dari 1 detik.

Color OS 3.2 Dan Fitur Lain 

oppo f5
Kombinasi ColorOS 3.2 yang dipadukan dengan RAM sebesar 4GB dan prosesor Octa-Core dengan konsumsi energi rendah akan meningkatkan kinerja sebesar 40% yang jika dibandingkan perangkat sebelumnya. OPPO F5 juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 32GB dan triple-slot storage sehingga dapat memuat dua kartu nano simcard dan satu kartu Micro-SD sampai dengan kapasitas sebesar 256GB.

Di perangkat ini juga OPPO memperkenalkan teknologi berbagi file O-Share yang memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dari Bluetooth. Sebagai ilustrasi, 10 gambar dengan besarmasing-masing gambar 3MB dapat ditransfer antar perangkat OPPO dalam waktu kurang lebih selama 1 detik.  

Kemitraaan OPPO dengan permainan Arena of Valor (AOV) juga akan memberikan optimalisasi untuk dapat dimainkan di perangkat OOPO F5. Proses saat memulai permainan akan lebih cepat 23,9% dibandingkan perangkat pada level yang sama. Selain itu terdapat mode High Frame Rates pada pengaturan game AOV yang dapat dikombinasikan dengan fitur Game Acceleration pada fitur OPPO F5, kombinasi menghasilkan frame rate diatas 30 fps dengan maksimum frame rate sebesar 60 fps.

oppo f5
Terdapat juga fitur Jangan Ganggu untuk bermain game, di mana panggilan masuk akan ditunjukkan sebagai notifikasi. Hal ini menyebabkan para pengguna dapat bermain dengan tenang namun tetap memastikan tidak akan ada panggilan yang terlewat.

OPPO F5 memiliki baterai dengan kapasitas 3200mAh dan teknologi Continuous Optimizing yang dapat mengelola aplikasi yang berjalan pada perangkat, memungkinkan pengguna OPPO F5 menggunakan perangkatnya selama 12 jam terus menerus.

Harga dan Ketersediaan    

OPPO mengkonfirmasi bahwa akan ada 3 varian OPPO F5, yakni OPPO F5, OPPO F5 Youth dan OPPO F5 6G. Perbedaan varian ketiganya akan terletak pada konfigurasi perangkat keras yang diusung, terutama padaa bagian RAM dan penyimpanan internal. Menariknya, walau belum diluncurkan secara resmi, produk ini malah mendapat respon sangat baik dipasar. 

Untuk OPPO F5 versi RAM 4GB dan 32GB dijual dengan harga Rp3.999.000 dan hadir dalam warna Gold dan Black. Untuk warna Gold sudah tersedia sejak kemarin, sedangkan untuk OPPO F5 warna Black dan OPPO F5 versi 6GB berwarna Black dan Red dapat melakukan pre-order hingga 17 November 2017 melalui jaringan e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Elevania, JD.ID, dan Matahari Mall.

OPPO F5 RAM 4GB ROM 32GB
Harga termurah

Rp 3,999,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6 inch
OS Version 7.1
Chipset Mediatek MT6763T Helio P23
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.5 GHz
GPU Mali-G71 MP2
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 20 MP
Kapasitas Baterai 3200 mAh

Baca juga artikel :

Hasil Foto Kamera OPPO F5, Tajam dan Detail 

OPPO F5 di Indonesia Punya 3 Varian, Harganya? 

OPPO F5 Punya Persona Baru, Si Cantik Chelsea Islan 

Artikel Lainnya

Komentar