Diperbaharui pada Kamis, 14 September 2017 | 11:10

Xiaomi Mi A1 Punya 7 Fitur Unggulan, Apa Saja?

Xiaomi mi 5x aka Xiaomi Mi A1

Xiaomi menggebrak pasar hp berkat peluncuran Mi A1 di India bulan Agustus lalu. Hp yang dikenal dengan sebutan Xiaomi Mi 5x untuk pasar Cinia ini berjalan pada platform Android One, dijual dengan harga bersaing membawa sederet fitur dan kemampuan ala hp kelas flagship.

Kabarnya hp Xiaomi Mi 5x alias Xiaomi Mi A1 akan dijual pada tanggal 20 September 2017 di Indonesia. “Kami sesuatu yang besar pada 20 September 2017”, ujar Steven Shiyan, Xiaomi’s head regional South Pacific.

Selain itu, forum resmi Xiaomi Indonesia juga membeberkan perilisan ini lewat diadakannya kompetisi, dimana Xiaomi menyiapkan berbagai macam hadiah untuk kompetisi itu, salah satunya adalah 70 tiket untuk menghadiri sebuah acara pada 20 September.

Nah, apa saja keunggulan hp Xiaomi Mi A1 hingga begitu ditunggu kehadirannya oleh Mi Fans di Indonesia? Berikut 7 fitur utama dari Xiaomi Mi A1 yang membuat hp ini begitu istimewa dan layak beli.

Android One

Xiaomi mi 5x aka Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 merupakan hp berbasis Android One pertama yang diproduksi pabrikan asal Tiongkok ini. Ia meninggalkan software berbasis MIUI dan menggantinya dengan software asli buatan Google untuk hadirkan hp Android murni dengan aneka layanan Google seperti Google Photos sebagai layanan berbasis cloud untuk menyimpan video dan foto, Google Play Music, bahkan Google Assistant.

Pertama kali muncul, hp Xiaomi Mi A1 dijalankan pada stock Android 7.0 Nougat. Namun, Xiaomi dan Google mengklaim bahwa hp ini akan mendapatkan minimal 2 tahun prioritas update OS, bahkan update OS Android 8.0 Oreo tengah disiapkan untuk hp ini.

Dual Kamera

Xiaomi mi 5x aka Xiaomi Mi A1

Hp ini juga tawarkan fitur dual kamera. Ia mengombinasikan sensor 12 MP dengan lensa wide-angle aperture f/2.2 dengan lensa telephoto 12 MP yang memiliki aperture f/2.6.

Lewat konfigurasi tersebut, hp ini sanggup hasilkan foto dengan efek bokeh yang biasanya dihasilkan kamera DSLR, bahkan memiliki kemampuan 2x optical zoom, 10x digital zoom, diperkaya fitur PDAF, mode HDR, dual-tone LED flash dan kemampuan merekam video beresolusi 2K.

Tidak hanya itu, kamera depan pada hp ini memiliki kualitas yang baik. Berkat sensor 5 MP yang dipadukan aperture f/2.0, Mode Beautify, timer dan Facial recognition, kamera depan ini tidak hanya bisa Anda pakai untuk selfie dan video call, namun untuk mengunci dan membuka kunci hp.

Desain Keren

Xiaomi mi 5x aka Xiaomi Mi A1

Memiliki dimensi 155,4 x75,8 x 7,3 mm dengan bobot 165 gram, bodi keseluruhannya dibalut dengan material metal. Bahkan, hp ini memiliki garis pemisah tersembunyi yang memberikan kesan lebih estetik. Tersedia dalam varian warna black, gold dan rose gold dengan bodi belakang yang juga bebas sidik jari.

Hemat Daya

Keunggulan lain dari hp ini adalah penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor Octa-core 2.0 GHz. Prosesor ini diproduksi pada 14nm FinFET sehingga mampu hasilkan performa tinggi namun dengan daya yang tahan lebih lama. Dipadukan baterai berkapasitas 3.080 mAh, Xiaomi juga menyertakan charger 5V / 2A sehingga pengisian baterai bisa dilakukan dengan cepat yang dihubungkan melalui kabel USB Type-C.

Layar Definisi Tinggi

Xiaomi mi 5x aka Xiaomi Mi A1

Tampil estetik dengan lapisan kaca 2.5D, hp Xiaomi terbaru ini mengusung panel LTPS berukuran 5,5 inch. Layar tersebut tampil detail berkat penggunaan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang memiliki kecerahan 450 nit, dengan kerapatan 403 ppi dan memiliki rasio kontras 1000 : 1. Tidak hanya itu, layar hp ini juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass sehingga tahan terhadap goresan.

Storage Besar

Selain didukung chipset powerfull dan hemat daya juga didukung storage yang besar. Menemani dukungan RAM 4GB yang andal untuk dipakai multitasking, hp ini disertai memori internal dengan kapasitas 64GB. Hasilnya, Anda bisa menyimpan file berupa foto, video, musik dan instalasi aplikasi dalam jumlah yang banyak.

Audio Berkualitas

Sektor audio juga menjadi perhatian Xiaomi dalam menciptakan hape ini. Ia dilengkapi speaker dengan kombinasi smart power amplifier 10V dan algoritma Dirac HD sound untuk hasilkan output suara berkualitas dengan frekuensi bass dalam.

Dengan audio amplifier independen yang mendukung headphone dengan tinggi impedansi hingga 600Ω, Xiaomi Mi A1 juga disertai mikrofon yang diletakkan pada bagian atas dan bawah. Dikombinasikan dengan Fortemedia algoritma pengurang bising, Anda bisa mendegarkan suara telepon dengan kualitas jelas meskipun berada di lingkungan bising.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 7.1.2
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 3080 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7 fitur unggulan yang terdapat pada hape Xiaomi Mi 5x atau Mi A1 membuatnya sangat layak beli, bahkan spesifikasi tersebut biasanya hanya terdapat pada hape high-end. Tertarik membelinya? Kabarnya, Xiaomi Mi 5x yang akan dijual di Indonesia pada tanggal 20 September mendatang akan dibandrol sekitar Rp3 jutaan.

Baca juga artikel:

Xiaomi Mi Note 3 dan Dua Produk Terbaru Xiaomi Dirilis

Xiaomi Mi MIX 2 Punya 4 Varian, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Hasil Foto Xiaomi Mi A1, Tajam dan Jernih

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts