Google Pixel 2, Smartphone Premium dari Google Segera Dirilis!

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Jumat, 18 Agu 2017 | 14:35

Google Pixel 2
Salah satu raksasa dunia maya yaitu Google dalam waktu dekat ini meluncurkan salah satu smartphone premium nya. Diberi nama Google Pixel 2, merupakan penerus dari seri yang sama yaitu google pixel.

Pada dasarnya Google Pixel adalah smartphone yang diperuntukkan bagi kalangan High-end dengan segala kemampuan serta tentu saja harga yang ditawarkan tentu sangat tidak murah. Pada seri pertamanya yang diluncurkan pada februari tahun lalu google membanderol harga selangit yaitu sekitar 18 jutaan rupiah ke pasar Indonesia. Cukup mencengangkan untuk ukuran sebuah smartphone Android.

Namun Google Pixel 2 diklaim akan lebih canggih dibandingkan dengan seri pendahulunya. Padahal jika dilihat spesifikasi Google Pixel sebelumnya sudah bisa dibilang mewah. Prosesor yang canggih, kartu grafis yang menunjang anda dalam mengolah grafis dengan kualitas tinggi, serta resolusi layar AMOLED 1440 x 2560 piksel cukup menjadi bukti kecanggihan smartphone Google satu ini.

Untuk itu kami akan memberikan sedikit bocoran tentang teknologi terbaru yang dibenamkan serta info seputar smartphone Google terbaru ini. Berikut ulasannya

Kapan Google Pixel 2 Dirilis?

Layaknya vendor smartphone kelas premium lainnya, berita dirilisnya Pixel 2 tentu akan menjadi sesuatu yang sangat besar. Seperti Apple dan Samsung yang selalu beriringan mengeluarkan seri jagoan mereka yang teranyar yaitu tentu saja Iphone 7 dan Galaxy S8. Jika Samsung biasanya merilis pada bulan agustus, maka Apple akan merilis pada bulan september.

image via daillyexpress.com

Seolah hal itu seperti menjadi siklus, namun sejauh ini Google belum mengeluarkan pernyataan resmi kapan smartphone terbaru ini akan dirilis. Banyak beredar kabar di media gadget online bahwa Google Pixel 2 akan dirilis pada bulan oktober seperti yang dilansir androidauthority.com

Desain

Google Pixel 2 dengan aksesori Olixar via Forbes

Desain merupakan salah satu elemen dasar yang sangat penting bagi sebuah smartphone, khususnya bagi sebuah smartphone kelas premium sudah merupakan kewajiban untuk dapat memiliki desain yang simple namun tetap memberikan kesan yang mewah dan elegan.

Tak terkecuali pada Google Pixel 2. Berdasarkan gambar yang beredar di dunia maya, Pixel 2 hadir dengan warna yang agak sedikit terang didominasi warna silver. Sedangkan pada bagian belakang terdapat dua sisi yang terbagi dua menjadi silver dan abu-abu. 

Hadir dengan layar yang sangat lebar juga bezel yang minim, layar Pixel 2 menggunakan resolusi AMOLED yang mana digunakan pula oleh Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Dengan desain Pixel 2 yang cukup tinggi, tempat letak fingerprint sensor masih dirasa cukup sesuai dan nyaman dijangkau.  

Sepintas akan terlihat sangat mirip iPhone 6 namun bedanya sensor terdapat pada sisi bagian belakang. Jika melihat ke belakang pada seri sebelumnya, maka anda akan menemukan sedikit perubahan pada Pixel 2. Secara desain keseluruhan tak ada perubahan yang cukup berarti, mungkin hanya chasis metalik serta sensor fingerprint yang sedikit memberikan perbedaan. Google seolah ingin bermain aman untuk masalah desain smartphonenya.

Spesifikasi

Karena merupakan smartphone kelas premium, Pixel 2 tentunya disertai dengan berbagai kecanggihan teknologi serta kualitas performa yang dimiliki. Berdasarkan rumor yang beredar Pixel 2 akan menggunakan layar 5 inchi dengan resolusi Full HD serta didukung oleh prosesor Quallcomm Snapdragon 835 dan juga RAM 4GB ditambah memori internal 64GB (namun tersedia untuk pilihan internal memori yang lebih besar).

Namun yang disayangkan adalah ketiadaan jack 3.5 mm membuat anda tak dapat mendengarkannya menggunakan earphone atau headphone. Solusinya adalah dengan menggunakan adaptor untuk tetap dapat anda memainkan musik melalui jack 3.5 mm. Namun, adaptor tersebut akan dijual terpisah dan tak termasuk dalam paket pembelian.

Untuk hasil kamera, nampaknya Google boleh berbangga karena memiliki kualitas kamera yang cukup mumpuni karena hanya kalah saing dari HTC U11 sebagai smartphone yang memiliki kualitas paling bagus versi DxOMark yang memiliki skor paling tinggi yakni 90.

OS Android yang digunakan adalah Android O atau Android 8.0 yang mana merupakan yang pertama digunakan oleh perangkat ini. Android O sendiri akan dirilis pada kuartal ketiga tahun ini. Maka ini merupakan sebuah kecocokan periode waktu dengan dirilisnya Google Pixel 2.

Google Pixel 2
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5 inch
OS Version 8
Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.9 GHz
GPU Adreno 540
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 1 12.3 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai -

Berapa Harga Google Pixel 2?

Meskipun pihak Google belum mengeluarkan pernyataan resmi, banyak rumor yang beredar bahwa google akan dibanderol dengan harga £600 dan juga £720 bagi Pixel 2 XL. Hal ini disinyalir karena pihak Google tidak akan membuat smartphone premiumnya menjadi lebih murah. Mereka ingin tetap dapat bersaing di kelas premium dengan Apple dan Samsung. Oleh karena itu kisaran harga Pixel 2 tak akan jauh dari kedua pesaingnya tersebut.

Namun hal ini terasa cukup berat bagi Samsung, mengingat penjualan yang tak terlalu memuaskan jka dibandingkan kedua pesaingnya tersebut. Berdasarkan data penjualan Google Pixel seri sebelumnya, mereka telah menjual sebanyak  satu juta ponsel. Memang terlihat cukup besar, namun akan sangat sulit jika membandingkan penjualan Google dengan Samsung yang berhasil menjual 5 juta unit Galaxy S8 dan S8 plus hanya dalam kurun waktu kurang dari sebulan setelah dirilis.

Untuk itu, Google harus mencari cara agar dapat bersaing dengan kedua raksasa smartphone tersebut. Jika dirasa mustahil untuk menurunkan harga, maka tentunya Google Pixel 2 akan bernasib serupa dengan kedua pesaingnya tersebut. Meskipun sebenarnya didukung dengan teknologi yang cukup menjanjikan. Dan yang paling penting adalah anda harus menyiapkan kocek yang lebih dalam jika memang tetap ngotot untuk memiliki smartphone premium dari Google satu ini.

Baca juga artikel:

Spesifikasi Google Pixel XL 2 Terkuak, Snapdragon 835 dan Layar Lebih Lebar

Ternyata Ini Penyebab Suara Audio Google Pixel Jadi Jelek

Google Selidiki Kasus Double Tap Pada Google Pixel

Artikel Lainnya

Komentar