Diperbaharui pada Kamis, 27 April 2017 | 12:37

Hape Asus Zenfone 3 Zoom Masuk Indonesia Bulan Mei, Kameranya Ungguli iPhone 7


Asus siap menghadirkan hape Asus Zenfone 3 Zoom yang menonjolkan sisi kamera ke pasar tanah air pada pertengahan Mei mendatang, tepatnya 16 Mei 2017.

Kabar ini terungkap dari sebuah undangan acara bertajuk Asus Zenfinity 2017 di Forum Zentalk. Sayangnya, detail acara hingga harga perangkat yang akan dirilis masih misteri. Seperti diketahui, smartphone Asus Zenfone 3 Zoom hadir dengan sejumlah teknologi baru yang diklaim mengungguli kamera iPhone 7. Tren smartphone dual kamera tengah mewabah sehingga membuat berbagai produsen keranjingan membuat produk smartphone kamera terbaru. Beberapa produsen bahkan menghadirkan sektor kamera yang memenuhi kebutuhan fotografi professional, seperti lensa wide yang mumpuni sehingga mampu menghasilkan efek blur yang baik, hingga fitur zoom yang lebih jelas dan detail.

Seperti yang dirumorkan sebelumnya, hape Asus Zenfone 3 Zoom hadir dengan fitur kamera  yang revolusioner. Di kamera utama, Asus menghadirkan dual kamera 12 megapiksel yang dipasangkan dengan kamera 12 megapiksel berlensa zoom 2.3x. Asus juga menghadirkan Mode Portrait yang diklaim lebih natural dan lebih mendalam. Namun, Fitur ini baru akan hadir pada software berikutnya. Sementara itu, untuk pecinta foto selfie, Asus menghadirkan kamera depan 13 megapiksel dengan sensor Sony IMX214 dan sudah support screen flash.

Hape Dual Kamera Teknologi Tinggi


Sekilas kamera utama Asus mirip dengan kamera iPhone 7 plus dengan sensor size 28mm dan kamera kedua 56 mm. Kamera kedua inilah yang disokong lensa telephoto dengan 2x zoom. Berbeda halnya dengan kamera Asus yang menggunakan kamera utama 25 mm. Asus juga menggunakan lensa yang lebih luas sehingga menghadirkan prespektive yang baik. Kamera kedua 59mm yang membawa lensa zoom 2.3x diklaim lebih jelas menangkap objek jarak jauh.

Salah satu hal yang meningkat dalam ponsel Asus Zenfone 3 Zoom adalah sistem autofocus. Asus menggunakan teknologi TriTech+ yang diklaim memiliki fokus cepat. Selain itu, Asus menggunakan teknologi dual pixel sehingga bisa mengunci fokus hanya dalam waktu 0,03 detik. Apalagi, Asus menghadirkan laser autofocus yang membantu pengguna membidik objek. Semua itu dikombinasikan dengan fitur subject tracking autofocus buatan Sony. Tak heran, Asus Zenfone 3 Zoom diklaim sebagai ponsel Android dengan fokus tercepat.

Dengan teknologi tersebut, tak heran hape Asus Zenfone 3 Zoom bisa digunakan untuk merekam video 4K dengan lebih cepat dan stabil. Apalagi sudah didukung fitur 4-axis, 4-stops OIS, dan EIS with 3-axis stabilization. Asus juga menghadirkan fitur bernama SuperPixel Engine. Dengan fitur ini, kamera akan secara pintar mengatur level ISO saat memotret sehingga mengurangi noise pada gambar. Tidak hanya itu, fitur ini juga membuat hasil gambar Asus lebih terang 2,5 kali dibanding iPhone 7 Plus dalam kondisi yang sama. Terdapat juga RGB sensor untuk mengoreksi warna sehingga hasil foto lebih sempurna.

Spesifikasi Kelas Menengah


Asus sendiri menghadirkan desain yang cukup mewah dan stylish. Bodi ponsel Android terbaru ini bahkan sudah menggunakan bodi metal. Dimensinya cukup ramping hanya 7,99 mm dengan berat 170 gram. Dengan dimensi ini pengguna bisa memegang perangkat dengan nyaman. Dibagian bodi belakang, tidak lupa Asus menghadirkan sensor sidik jari untuk sistem keamanan.

Yang menarik, meski mengusung bodi ramping, Asus menggunakan baterai yang cukup besar yakni 5000 mAh. Tentu baterai ini sangat impressive untuk penggunaan harian. Bahkan Asus mengklaim dengan baterai ini, hape Asus Zenfone 3 Zoom bisa digunakan untuk merekam video 4K selama 6,4 jam dan dalam mode standby selama 42 hari. Bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7, baterai Asus memiliki kapasitas 40% lebih banyak sehingga kian cocok untuk pengguna mobilitas tinggi.

Hape Asus Zenfone 3 Zoom menggunakan layar  berukuran 5,5 inci dengan panel AMOLED dan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Layarnya mampu menampilkan gambar  dan video yang cukup jelas bahkan detail. Layar ini mampu menampilkan warna yang natural. Untuk pelindung anti gores, Asus menggunakan lapisan anti gores Gorilla Glass 5.


Pada bagian mesin, hape Asus Zenfone 3 Zoom menanam chipset Qualcomm Snpadragon 652. Prosesor ini akan disokong RAM 4 GB dan memori penyimpanan 128 GB. Sehingga memberikan performa yang cukup baik untuk harian, bermain game maupun multitasking. Untuk sistem operasi, Asus masih menggunakan OS Android Marshmallow. Sistem ini akan mendapat update OS Android Nougat pada pertengahan tahun ini.

Kabarnya, hape Asus Zenfone 3 Zoom akan dipasarkan di Indonesia dengan harga diatas Rp 6 juta. Kita tunggu saja.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 13 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Update Sistem ASUS Zenfone 3 Max, Buat Baterai Lebih Awet
Cara Update Android Nougat di ASUS Zenfone 3 dan Fitur yang Dibawanya
Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL: Layar Lebih Lebar, Baterai Tetap Gahar
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts