Diperbaharui pada Selasa, 4 April 2017 | 15:34

Xiaomi Redmi Note 4 Resmi Tiba di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya?

Sejak membuat pabrik perakitan di Batam untuk memenuhi aturan TKDN dari pemerintah, Xiaomi Indonesia semakin gencar mendatangkan produk-produk unggulannya untuk Mi Fans di Tanah Air.

Lewat gelaran Mi Product Launch pada hari ini yang turut diramaikan oleh 22 Mi Fan club dari seluruh Indonesia serta dihadiri oleh Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung, Xiaomi Indonesia secara resmi melahirkan hape Redmi Note 4.

Diklaim memiliki sejumlah peningkatan dari pendahulunya seri Redmi Note 4, seperti apa hape yang diperuntukkan bagi pasar mid-range ini? Berikut preview-nya!

Desain

Dari sektor desain, Xiaomi Redmi Note 4 benar-benar menawarkan sensasi premium. Dibalut material metal unibody dengan garis pemisah anodized aluminium yang berada di bagian belakang atas kamera, hape ini juga menawarkan sisi yang sangat tipis.

Melalui sisi berukuran 8,45 mm dan bagian pinggirnya yang direduksi sampai mendapatkan ketipisan sebesar 5mm, hape ini diklaim sangat nyaman untuk di genggam.

Kemudian, Xiaomi Redmi Note 4 mengadopsi desain hape flagship lewat penempatan fitur seperti port USB, speaker grille, sensor sidik jari, two-tone flash, dan kamera yang simetris sempurna dan sangat presisi.

Tersedia dalam dua varian warna menarik seperti gold dengan garis antena berwarna pale gold dan matte black yang tampil maskulin, Xiaomi Redmi Note 4 juga merupakan produk pertama dari lini Redmi yang mengadopsi 2.5D curved glass di bagian depan. Tentunya, penggunaan kaca tersebut benar-benar menampilkan kesan elegan.

Tak lupa, hape ini juga sudah disematkan sensor sidik jari pada bagian belakang bodi. Fingerprint sensor tersebut tidak hanya bisa dipakai untuk membuka kunci hape, melainkan digunakan sebagai shortcut untuk mengakses fitur kamera, mengaktifkan mode children dan menyembunyikan folder.

Layar

Di sektor layar, Xiaomi Redmi Note 4 masih menawarkan panel berukuran besar seperti seri Redmi Note sebelumnya. Hape ini datang dengan panel IPS seluas 5,5 inch beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang memiliki kerapatan 401 ppi.

Soal tampilan antarmuka, hape ini mengadopsi MIUI 8.0 yang juga dilengkapi dengan sejumlah fitur khas, salah satunya Dual Apps yang memungkinkan kamu menjalankan dua aplikasi sekaligus. Selain itu, layar pada Xiaomi Redmi Note 4 juga disertai serangkaian fitur seperti reading mode dan color temperature adjustment.

Performa

Dijalankan pada OS Android 6.0 Marshmallow, Xiaomi Redmi Note 4 didukung dengan chipset mid-range Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dengan prosesor Octa Core 2.0 GHz Cortex-A53. Chipset tersebut diproses menggunakan teknologi 14nm FinFET yang diklaim lebih powerfull namun tetap efisien daya.

Dipadukan dengan GPU Adreno 506, hape ini pun diklaim mempunyai suhu yang lebih dingin. Xiaomi membandingkannya dengan Redmi Note 3 untuk memainkan 3D game yang sama selama 30 menit, hasilnya suhu yang dihasilkan hape ini jauh lebih dingin.

Sementara untuk menunjang kebutuhan multitasking, hape Xiaomi terbaru ini memasang konfigurasi RAM berukuran 3GB dipadukan dengan memori internal 32GB yang bisa kamu perluas lewat slot hybrid hingga 128GB.

Sejauh ini, Xiaomi Indonesia hanya meluncurkan Redmi Note 4 varian RAM 3GB dan memori internal 32GB saja. Sementara varian RAM 4GB dan memori internal 64GB yang rilis di pasar Tiongkok belum diinformasikan lebih lanjut.

Baterai dan Konektivitas

Berbicara ketahanan, hape ini mengandalkan dukungan baterai berkapasitas sebesar 4.100 mAh. Baterai tersebut diklaim sanggup bertahan selama 32 jam saat dipakai telepon di koneksi 3G dan bertahan selama 158 jam untuk mendengarkan musik.

Sayangnya, lagi-lagi Xiaomi membekali produknya dengan slot hybrid. Disini, pengguna harus memilih untuk menggunakan dual SIM atau satu SIM dan satu microSD saat digunakan. Untungnya, hape ini sudah bisa menangkap jaringan 4G LTE dari semua operator di Indonesia saat pertama kali dinyalakan.

Kamera

Di sektor kamera, Xiaomi Redmi Note 4 juga mendapatkan peningkatan ketimbang seri terdahulu. Pada bagian belakangnya, hape ini disertai dengan 13MP BSI CMOS sensor yang dipadukan dengan 0.1 ultra-fast PDAF dan 1.12μm pixel yang bisa menghasilkan foto dengan warna detail.

Masih soal kamera belakang, tersedia juga dukungan fitur seperti dual-LED (dual tone) flash dan kemampuan merekam video beresolusi 1080p@30fps dan 720p@120fps.

Sementara di bagian depannya, kamu bisa berfoto selfie menggunakan kamera 5 MP yang dilengkapi fitur Beautify terbaru dan aperture f/2.0.

Tidak lupa, Xiaomi juga menyematkan tools photo editing untuk memberikan sentuhan tambahan pada foto yang kamu tangkap seperti menambahkan mosaic, filter, doodle, mengatur warna dan fitur edit foto standar lainnya.

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi Note 4 membawa banyak peningkatan ketimbang pendahulunya, terlebih di sektor performa dan kamera. Selain itu, desain yang jauh lebih menarik dengan premium look yang ditawarkan cukup melampaui harga jual yang ditawarkannya.

Dibuat di Indonesia dengan perusahan manufaktur bernama SAT Nusa, hape Xiaomi Redmi Note 4 saat ini sudah bisa kamu beli lewat seluruh jaringan Erafone dan TAM yang ada di seluruh Indonesia. Soal harga, hape ini dijual dengan bandrol Rp2.399.000 untuk versi RAM 3GB dan memori internal berkapasitas 32GB.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor Helio X20
Jumlah Core Deca Core
Kecepatan CPU 2.1 GHz
GPU Mali-T880 MP4
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 4100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Xiaomi Redmi 4A Turun Harga, Xiaomi Redmi Note 4 Paling Laris
Hape Xiaomi Mi 5C Dirilis dengan Prosesor Surge S1
Hape Xiaomi Redmi 4X Diluncurkan Membawa Prosesor Lebih Canggih
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts