Diperbaharui pada Rabu, 15 Maret 2017 | 17:08

Hape Selfie Terbaru, Oppo F3 dan Oppo F3 Plus Siap Dirilis di Lima Negara, Indonesia?

OPPO mulai mengirimkan sejumlah undangan atau pemberitahuan yang berisi tanggal akan dirilisnya dua buah produk smartphone selfie baru yakni OPPO F3 dan OPPO F3 Plus. Kedua smartphone baru ini akan menjadi ponsel pertama OPPO yang mengusung dual kamera pada sektor kamera depan.

Tidak heran kedua ponsel Android terbaru ini mengusung slogan “Selfie Expert” mengandalkan dual kamera 16MP dan 8MP dibagian depan. Menariknya, kedua smartphone akan dirilis langsung di lima negara pada tanggal 23 Maret mendatang.

Kabar ini muncul setelah beberapa iklan promo ponsel terbaru OPPO ini muncul serentak di New York, Filipina, Myanmar, Vietnam dan Indonesia. OPPO sendiri menjanjikan akan mengusung teknologi kamera paling baru dalam seri ini.

Image via GSMarena

Memang dalam ajang MWC 2017 lalu, OPPO membocorkan sedikit teknologi 3x zoom kamera dengan lensa periscope. Namun, belum jelas teknologi kamera yang dimaksud apakah akan hadir di OPPO F3 dan OPPO F3 Plus.

Desain

Oppo F1

Hingga saat ini memang belum ada bocoran resmi gambar hape OPPO F3 dan F3 plus ini. Namun, nampaknya desain ponsel kamera ini tidak akan berbeda jauh dengan seri OPPO F1 maupun F1s. OPPO masih akan menggunakan bodi metal ramping yang nyaman digenggam.

Tidak hanya itu, OPPO juga masih akan menghadirkan fitur sensor sidik jari tersemat pada tombol Home. Letak sensor ini agar mudah dijangkau pengguna. Sayangnya, belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai desain kedua smartphone ini. Namun, bisa dipastikan varian F3 berdimensi kompak dan F3 Plus berdimensi phablet yang besar.

Layar

Dalam seri OPPO sebelumnya, OPPO menggunakan layar berukuran lebar agar pengguna bisa mudah mengoperasikan smartphone. Diperkirakan OPPO F3 akan menggunakan layar berukuran 5,5 atau 5,7 inci. Bila itu masih terasa kurang lebar, OPPO F3 plus diduga akan menggunakan layar berukuran 6 inci. Kedua smartphone akan menggunakan panel IPS dan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels.

Resolusi layarnya dianggap masih pas untuk penggunaan harian saat ini. OPPO beralasan penggunaan resolusi layar yang terlalu besar bisa membuat baterai smartphone lebih boros. Untuk melindungi layar dari goresan, kedua hape OPPO terbaru ini akan menggunakan pelindung anti gores dari Corning Gorilla Glass 5. Spesifikasi layar ini dianggap cocok untuk browsing hingga bermain game serta untuk berselfie dengan kamera depan.

Dapur Pacu

Image via wccftech.com

Bicara kinerja, kabarnya hape OPPO F3 dan F3 Plus akan dibekali oleh chipset Qualcomm Snapdragon 653 yang dikombinasikan dengan pengolah grafis Adreno 510. Chipset ini juga akan disokong dengan kapasitas memori yang cukup besar yakni 4GB atau 6GB.

Versi yang ditawarkan juga hadir dengan memori internal sebesar 32GB atau 64GB serta sudah mendukung kartu microSD untuk memori tambahan. Dengan spesifikasi ini, pengguna bisa membuka banyak aplikasi maupun bermain game dengan lancar.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor Snapdragon 653
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.5 GHz
GPU Adreno 515
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 3200 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Fitur

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa kedua hape selfie ini menggunakan OS Android Marshmallow. OPPO lebih memilih sistem ini karena dianggap lebih stabil dan minim bug. OPPO juga akan memasang soket headphone 3,5mm serta menggunakan micro USB untuk pengisian daya maupun transfer data.

Sayangnya, belum ada keterangkan penggunaan USB tipe C yang menawarkan kinerja lebih cepat untuk pengisian baterai maupun memindahkan data.

OPPO juga menghadirkan teknologi Active Noise Cancellation with dedicated mic. Hal ini membuat pengguna bisa berkomunikasi lebih jelas dan terarah. Tidak hanya itu, OPPO juga menghadirkan teknologi audio baru yang membuat panggilan suara dan output audio dari hape OPPO terbaru ini lebih baik dibanding hape OPPO generasi sebelumnya. Apalagi, smartphone ini juga sudah menggunakan fitur jaringan 4G LTE.

Kamera

Seperti yang nampak dalam iklan promo F3 dan F3 Plus, OPPO cukup serius menghadirkan sektor fotografi pada smartphone ini. OPPO diperkirakan akan menggunakan dual kamera 16 MP + 8 MP di area kamera depan. Hal ini membuat pengguna bisa berfoto selfie lebih jelas baik saat sendirian atau saat berkelompok bersama teman.

Untuk kamera belakang, OPPO dikabarkan menggunakan kamera utama 16 MP. Kamera ini akan disokong teknologi Phase detection Autofocus hingga OIS dan LED Flash. Kamera utama ini mampu merekam video 4K dengan lebih stabil.

Baterai

Untuk menunjang kegiatan harian, OPPO F3 akan dibekali baterai berkapasitas 3600 mAh, sedangkan OPPO F3 Plus akan menggunakan baterai 4000 mAh. Kedua hape OPPO selfie ini juga sudah menggunakan fast charging. Pengguna pun bisa mengisi daya smartphone dengan lebih cepat. Dengan kapasitas baterai tersebut, kedua smartphone 4G LTE ini pun bisa digunakan lebih lama dibanding ponsel layar lebar lainnya.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.7 inch
Detail Prosesor Pro Snapdragon 653
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 510
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

 

Baca juga artikel:
Mana Hape Selfie Terbaik, Vivo V5 Plus vs OPPO F1 Plus vs Samsung A7 2016?
Oppo A39 Mulai Dipasarkan di Indonesia dengan Harga Rp3 Jutaan
Oppo A57 Dirilis Sebagai Ponsel Android Selfie Kelas Menengah Terbaru
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts