Diperbaharui pada Rabu, 8 Maret 2017 | 10:41

Jadi yang Terbaik di MWC 2017, Ini Kelebihan Hape Sony Xperia XZ Premium

Hape Sony Xperia XZ Premium telah memenangkan penghargaan sebagai Best New Smartphone di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 lalu. Hape Sony anyar ini berhasil mengalahkan hape Huawei P10 Plus dan LG G6 yang juga diperkenalkan di ajang yang sama.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh GSM Association (GSMA), yaitu badan perdagangan yang mewakili kepentingan operator seluler di seluruh dunia. Pemberian penghargaan ini berkat penggunaan spesifikasi yang mengesankan dan desain yang menakjubkan dari hape Xperia XZ Premium. Berikut kelebihan yang dimiliki Sony Xperia XZ Premium.

Desain Hape Sony Xperia XZ Premium

Hape Sony Xperia XZ Premium memiliki desain dengan standar modern yang cukup compact dan mudah untuk dipegang menggunakan satu tangan. Berbeda dengan hape kebanyakan, Sony justru menempatkan pemindai sidik jari di di sisi kanan perangkat bersama dengan tombol power. Namun, yang menarik dari semua adalah hape Sony Xperia XZ Premium hadir sangat mengkilap.

Tidak hanya itu, Sony juga telah memasang panel Gorilla Glass 5 di layar depan dan bagian belakang. Penggunaan panel Gorilla Glass 5 di kedua sisi tersebut mampu meningkatkan kesan premium. Selain layar, dibagian depan juga dapat ditemukan speaker stereo Sony yang menghasilkan audio mumpuni. Konektor USB Type-C ditempatkan di bagian bawah dengan jack headphone di atas. Hape Sony Xperia XZ Premium hadir dengan dua pilihan warna yaitu Luminous Chrome dan Deepsea Black. Dan sertifikasi IP68 memastikan Sony Xperia XZ Premium tahan dari air dan debu.  

Layar Hape Sony Xperia XZ Premium

Salah satu alasan utama yang membuat hape Sony Xperia XZ Premium terpilih menjadi yang terbaik ada di sektor layar. Berkat penggunaan layar 4K lengkap dengan HDR, menjadikannya salah satu yang paling canggih dari hape manapun.

Meski demikian, Sony Xperia XZ Premium menjadi hape kedua Sony setelah Xperia Z5 Premium yang juga hadir dengan layar 4K yang menawarkan resolusi 3,840 x 2,160 piksel. Layar hape Sony terbaru ini memiliki ukuran seluas 5.5 inci berjenis Triluminous display. Kelebihan dari layar Triluminos di Sony Xperia XZ Premium mampu memproduksi kecerahan 40 persen lebih besar dan memberikan kedalaman piksel hingga mencapai 801 ppi. Dan dengan dukungan HDR layarnya dapat memproduksi warna dan kontras yang lebih kaya.

Kamera Hape Sony Xperia XZ Premium

Sony yang memiliki divisi kamera sendiri tentu tidak ingin mengecewakan penggemarnya di sektor imaging. Oleh karena itu, hape Sony Xperia XZ Premium dipersenjatai dengan kamera yang memiliki resolusi besar yaitu 19 megapiksel dalam sensor Sony IMX300. Tidak hanya beresolusi tinggi, namun juga telah dikombinasikan dengan sensor yang lebih besar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya. 

Salah satu perubahan besar pada kamera di hape Sony Xperia XZ Premium adalah penggunakan sensor Motion Eye yang telah meningkatkan pemrosesan gambar hingga lima kali lebih cepat. Bahkan dengan fitur Predictive Capture memungkinkan mengambil hingga 4 foto sebelum pengguna menekan tombol shutter. Beberapa fitur lain mencakup hybrid autofocus, SteadyShot 5 axis stabilization, sensor warna RGB dan anti-distortion. Dengan 5-axis image stabilization yang berarti memiliki stabilisasi pada X, Y, yaw, pitch, dan roll.

Menariknya, kamera ini sudah dibekali fitur yang sangat canggih, dimana dapat merekam video super slow motion HD. Sehingga menjadikan Sony Xperia XZ Premium sebagai hape pertama dengan fitur video slow motion HD. Kualitas video slow motion ini mampu merekam pada 960 fps. Sebuah video 960 fps ini tidak akan di buat melalui bus 5Gbps yang menghubungkan kamera ke chipset karena Sony telah melengkapi Xperia XZ Premium dengan chip CMOS yang memiliki memori onboard sebesar 1GB. Sehingga dengan proses write ke memori on-chip memberikan kecepatan lebih maksimal hingga mencapai 25Gbps, atau mampu menyimpan video 960 fps HD dalam waktu hanya 5 detik.

Dengan demikian, kualitas kamera Sony Xperia XZ Premium ini empat kali lebih baik dari hasil video hape iPhone 7 yang berada di kisaran 240 fps, bahkan melampaui jauh dari kebanyakan hape Android high-end yang ada di pasaran. Sehingga dalam hal menangkap gerak lambat pada hape, Sony Xperia XZ Premium adalah yang terbaik. Dan ini adalah salah satu fitur yang paling dicari.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.9 GHz
GPU Adreno 540
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 19 MP
Resolusi Kamera Depan 13 MP
Kapasitas Baterai 3230 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
MWC 2017, Apa Saja Beda Sony Xperia XZ Premium dan Xperia XZs
Xperia XA1 dan XA1 Ultra, Hape Kelas Menengah Sony dengan Kamera 23 MP
Hape Sony Xperia XZ Premium Resmi Meluncur dengan Fitur Slow Motion 960 fps
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.