Diperbaharui pada Rabu, 25 Januari 2017 | 15:37

Acer TravelMate Spin B1, Laptop untuk Pelajar Disertai Fitur Stylus

TravelMate merupakan lini laptop dari Texas Instruments yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Mengusung konsep rugged, TravelMate diakuisisi oleh Acer pada tahun 1997 dan mengalami perkembangan seperti perangkat lainnya.

Jika sebelumnya hanya dikhususkan untuk kalangan pekerja, TravelMate kini menyasar sektor edukasi. Menjelang berlangsungnya ajang BETT Show 2017 di kota London untuk publik, pabrikan asal Taiwan ini mengumumkan perilisan varian baru bernama Acer TravelMate Spin B1.

Acer TravelMate Spin B1 merupakan laptop convertible yang hadir dengan empat mode pemakaian berbeda. Saat guru atau murid menggunakannya, mereka bisa mengubah TravelMate Spin B1 menjadi perangkat laptop biasa, tablet ataupun mengubahnya ke mode tent atau stand.

Mengutamakan sektor portabilitas dengan rancangan tahan banting, laptop Acer TravelMate Spin B1 mengadopsi konsep rugged seperti seri terdahulu, dilengkapi dengan frame berbahan karet untuk menahan benturan. Hadir dalam layar seluas 11,6 inch dengan dua varian resolusi yakni HD 720p dan Full HD 1080p, layar pada laptop Acer ini pun memiliki keistimewaan karena tahan terhadap tekanan dan mampu menyanggan beban seberat 60 kilogram.

Tidak hanya dilengkapi desain dan layar tangguh, bagian keyboard pada laptop Acer ini juga turut disertai dengan fitur anti percikan air. Perangkat ini dapat bertahan dari cairan dengan volume maksimal 330 ml, serta menyimpan sistem pembuangan yang ditempatkan di bawah keyboard dan touchpad sehingga air dapat cepat terbuang dan menghindari kerusakan komponen hardware yang ada di dalam perangkat.

Sementara itu, fitur lain yang bisa membantu guru dan siswa saat belajar yaitu adanya fitur stylus yang mendukung Windows Ink sehingga memudahkan siswa dan guru untuk membuat catatan, menggambar dan mengedit dokumen ke aplikasi Microsoft Word.

Selain itu, pengguna pun dapat mengakses program Microsoft OneNote secara langsung dari lock screen hanya dengan mengklik tombol yang terdapat di stylush. Untuk memberikan kenyamaan saat mengetik, Acer pun menyematkan fitur bernama TeachSmart.

Soal performa, Acer memilih prosesor Intel Pentium pada TravelMate Spin B1 dengan konfigurasi berbeda pada setiap model yang dijual. Melengkapi fitur diatas, laptop Acer ini juga dilengkapi dengan satu buah port USB 2.0, dua buah port USB 3.0, satu port HDMI, jack headphone 3,5mm, dan slot SD card reader.

Sementara untuk keperluan konektivitas, laptop Acer TravelMate Spin B1 dilengkapi dengan fitur Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi dual-band 2×2 802.11ac, sedangkan baterai pada laptop ini diklaim mampu bertahan hingga 13 jam lamanya.

Rencananya, perusahaan Acer akan mulai menjual TravelMate Spin B1 pada kuartal kedua tahun 2017. Terkait harga, bandrol yang dipatok akan mengikuti model laptop yang dipasarkan di tiap-tiap negara.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Celeron
RAM 4 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis HD Graphics 500
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Fujitsu Rilis Laptop Bisnis Teringan di Dunia, Fujitsu Lifebook U937/P
Laptop Gaming ASUS X550IU Dirilis dengan VGA AMD RX 460
Ini Tiga Perangkat Gaming Legion by Lenovo untuk Gamer Indonesia

 

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts