Hape Kodak Ektra, Memadukan Konsep Kamera dan Mobile

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 11 Jan 2017 | 16:36

Kodak bikin hape? Sebenarnya, Kodak Ektra bukan murni buatan Kodak yang dikenal sebagai produsen kamera. Hape Kodak Ektra ini merupakan hasil kerjasama Kodak Eastman Company dan Bullitt Group, perusahaan pembuat telepon asal Inggris yang terhubung dengan merek-merek terkenal. Bullitt merupakan produsen yang berada di belakang hape outdoor CAT Caterpillar yang memiliki ketangguhan di lingkungan ekstrim.

Hape Kodak Ektra sendiri dirancang untuk membangkitkan nuansa kamera klasik. Dengan lensa besar di bagian belakang dan memiliki kemampuan kamera yang menakjubkan. Hal ini sesuai dengan kemampuan Kodak di industri kamera selama kurang lebih satu abad. Hape Kodak Ektra merupakan generasi kedua, setelah tahun 2015 lalu mereka merilis Kodak IM5

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki hape Kodak Ektra.

Desain dan Layar

Secara kasat mata, Hape Kodak Ektra hadir dengan mengusung desain vintage yang menyerupai kamera analog Kodak. Kesan jadul terlihat dari ukuran sensor kamera yang cukup besar di bagian belakang bodi layaknya sebuah kamera digital.

Tidak hanya itu, penggunaan material kulit asli dengan sentuhan bernuansa kulit juga membuat tampilannya terlihat old school. Bahkan makin terkesan jadul adalah bodinya yang besar dengan ketebalan mencapai 9.69mm, sehingga membuat hape Kodak Ektra terlihat ‘gempal’ dibanding kebanyakan hape di pasaran.

Meski demikian, bobotnya tetap ringan dengan tepi yang membulat dan masih terasa nyaman di tangan, terutama ketika dipegang landscape. Kodak Ektra sendiri bukanlah perangkat yang berukuran besar, hape ini hanya mengusung layar seluas 5 inci berjenis OLED dengan resolusi full HD 1080p. Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan layarnya, karena sudah dilapisi panel anti gores besutan Gorilla Glass.

Kamera

Sektor imaging menjadi salah satu sisi yang menonjol dari Kodak Ekstra dibanding hape lainnya. Bahkan kameranya jauh melebihi kemampuan kamera yang dimiliki hape-hape terbaru seperti Google Pixel, iPhone 7 ataupun Huawei P9.

Hape Kodak Ektra memiliki kamera utama mengesankan yang sudah mengusung sensor Sony IMX230 yang memiliki ukuran 1/2.4 inci, sensor kamera Sony yang juga telah digunakan oleh hape Moto X Play. Dengan kapasitas resolusi mencapai 21 megapiksel dan sudah didukung fitur aperture f/2.0, kamera hape Kodak Ektra ini tentu akan menawarkan kualitas foto yang tajam.

Lensa kameranya memang berukuran besar dan mendominasi bagian belakang bodi. Meski demikian, hape Kodak Ektra telah menempatkan sebuah tombol shutter khusus saat memotret. Dan bagi pengguna kamera DSLR, mungkin sudah langsung akrab dengan tombol shutter yang dirancang khusus tersebut.

Tombol khusus dengan simbol Kodak ini diposisikan tidak terlalu jauh bodinya. Dengan menekan dua kali, aplikasi kamera akan terbuka tanpa perlu mengaktifkan layarnya. Saat masuk ke kamera, layar akan menampilkan ikon berbentuk lingkaran yang berisi beragam modus. Cukup lengkap modus-modus yang tersedia, sebut saja seperti modus manual, landscape, panorama, sport, HDR, dan banyak lagi. 

Bagi yang hobi fotografi bisa mencoba modus manual yang memungkinkan pengguna melakukan setingan pemotretan sendiri. Sehingga pengguna bisa mengatur tingkat intensitas cahaya atau ingin lebih bereskperimen dengan hasil jepretannya.

Namun, yang menarik adalah kebreadaan dua modus yang telah dibenamkan oleh Kodak, yaitu modus selfie yang dioptimalkan untuk foto diri menggunakan kamera depan. Sedangkan satu lagi adalah fitur yang bisa menjadi favorit yaitu modus bokeh, yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan efek depth of field yang bervariasi. 

Tidak hanya itu, hape Kodak Ektra juga menyediakan pilihan yang luas dari filter dan fitur edit gambar yang dibangun ke dalam aplikasi, termasuk versi Kodak face tune yang memudahkan pengguna menghapus semua objek yang tidak diinginkan pada foto selfie. Yang menarik adalah pembenaman aplikasi Super 8 yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dengan efek retro.

Kamera di hape Kodak Ektra juga dilengkapi dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) six axis yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto stabil meski tangan bergoyang saat mengambil foto. Tidak ketinggalan ada juga fitur PDAF (phase-detection autofocus) yaitu piksel pada sensor pencitraan yang dapat mengimbangi bacaan mereka untuk perhitungan fokus.

Sementara untuk kamera yang menghadap ke depan, KOdak Ekta dipersenjatai sensor yang beresolusi 13 megapiksel. Hal ini akan menjadi kabar baik bagi pengguna yang gemar melakukan foto selfie. Apalagi telah disediakan modus khusus foto selfie yang bisa dipilih pengguna.

Performa

Sebagai sebuah hape, Kodak Ektra juga hadir dengan perangkat keras yang dapat diandalkan. Kinerjanya sendiri diotaki oleh prosesor deca core Mediatek Helio X-20 yang akan disokong oleh memori RAM berkapasitas 3GB dengan penyimpanan 32GB yang dapat diperluas dengan kartu MicroSD. Hape Kodak Ektra sudah berjalan dengan OS Android 6.0 Marshmallow dan akan ditenagai baterai dengan kapasitas mencapai 3000mAh sebagai sumber dayanya.

Hape Kodak Ektra akan dipasarkan di Amerika Serikat mulai April mendatang dengan kisaran harga US$549. Sayangnya tidak ada informasi lebih lanjut apakah perangkat ini juga akan dipasarkan ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Kodak Ektra
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
4G Network -
Ukuran Layar 5 inch
Chipset MediaTek Helio X20
Jumlah Core Deca Core
Kecepatan CPU -
GPU -
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 21 MP
Resolusi Kamera Depan 1 13 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Baca juga artikel:
Polaroid Pop, Kamera Instan Berkekuatan 20 MP
CES 2017 ASUS Zenfone 3 Zoom Dirilis Andalkan Dual Kamera 2,3x Zoom
CoolPad Conjr, Smartphone Murah dengan Kamera Mewah Fitur OIS

Artikel Lainnya

Komentar