Tantang Nissan Qashqai, Mitsubishi Siapkan Konsep SUV Terbaru

Oleh Adam Rizal updated Senin, 09 Jan 2017 | 16:24

Mitsubishi akan terus berinovasi setiap tahun dengan memperkenalkan model-model mobil terbarunya. Tahun 2017, Mitsubishi akan memperkenalkan model konsep terbaru yaitu Low Multi Purpose Vehicle yang berbasis XM Concept dalam ajang Geneva Motor Show pada Maret 2017.

Nantinya, model konsep itu akan menantang MPV Nissan Qashqai di pasar. Mitsubishi melihat pertumbuhan pasar SUV sangat menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir dan para pabrikan pun mulai memperbanyak varian SUV yang menyasar setiap segmentasi pasar.

Hal itu langsung disampaikan desainer Tsunehiro Kunimoto yang selama ini menangani Nissan sejak 2014. Karena itu, SUV melahirkan model konsep tersebut yang posisinya berada di atas Mitsubishi Outlander. Menurut sumber, model itu akan bergaya coupe yang stylish dengan
desain ekspresif.

"Land Rover memiliki desain tegas tetapi tetap stylish dan kami berniat untuk mengikutinya. Mitsubishi akan mempertahankan garis-garis tegas yang stylish pada
modelnya," sumber Mitsubishi seperti dikutip Autocar.

Mitsubishi sudah benar-benar meninggalkan gaya lama yang terkenal dengan desain body boxy.

Dalam mendesain model konsep itu, Mitsubishi terinspirasi dari konsep XR-PHEV Concept yang hadir pada 2015. Dimensi model konsep itu akan lebih besar dari ASX (Outlander Sport) dan di bawah Outlander dengan 7 penumpang yang tidak masuk ke Indonesia.

Kehadiran model konsep SUV itu akan semakin melengkapi line SUV Mitsubishi yang ada di pasar saat ini mulai dari Mitsubishi Outlander dan Mitsubishi Pajero Sport.

XM Concept

Mitsubishi telah memamerkan Mitsubishi XM Concept yang menyasar pasar entry level. Model XM Concept akan mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter, dipadukan dengan front-wheel-drive system sehingga membuat mobil ini lebih bertenaga dibandingkan dengan mobil low MPV lainnya.

"Kami akan fokus pada mesin bensin 1.5 liter," kata Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Hisashi Ishimaki dalam wawancara terbatas di Jakarta.

Kapasitas mesin termasuk salah satu faktor penentu harga mobil. Dengan mesin 1,5 liter, XM Concept kemungkinan besar akan lebih dekat dengan Mobilio dan Avanza ketimbang Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Memang hanya Mobilio dan Avanza di segmen LMPV yang punya varian mesin 1,5 liter.

Mitsubishi XM Concept menggabungkan antara gaya SUV dan memiliki fungsi MPV. Desain Mitsubishi XM Concept cukup gagah karena desain Dynamic Shield yang mirip dengan SUV Pajero Sport terbaru.

Desain mobil ini terlihat kekar dan kokoh berkat fender padat yang mengotak serta garis yang memanjang dari pintu depan hingga lampu rem. Mitsubishi XM Concept mengusung ban pelek alloy 7.

Mitsubishi XM Concept akan mulai dipasarkan di Indoensia pada 2017. Rencananya, model itu akan dibanderol dengan harga kisaran antara Rp190 – Rp230 jutaan.

Baca juga artikel:
5 Mobil Baru yang akan "Booming" di Tahun 2017
Fortuner Paling Laris Jelang Akhir Tahun 2016 di Segmen SUV Toyota
Selama 10 Bulan Terakhir, Penjualan Toyota Didominasi Segmen MPV dan SUV

Artikel Lainnya

Komentar