5 Mobil Baru yang akan "Booming" di Tahun 2017

Oleh Adam Rizal updated Selasa, 03 Jan 2017 | 15:41

Setiap tahun, pabrikan otomotif selalu meremajakan line-up mobilnya bahkan ada yang memperkenalkan mobil yang sama sekali baru dan belum pernah ada di Indonesia. Masyarakat pun berharap-harap cemas menanti kedatangan mobil baru di tahun 2017.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengungkapkan penjualan mobil secara wholesales periode Januari hingga November 2016 sudah tercatat 974.972 unit. Pasar otomotif Indonesia membutuhkan sebanyak 26 ribu unit mobil lagi untuk mencapai angkat 1 juta unit dan menjadi negara dengan industri otomotif yang paling disegani di Asia Tenggara.

Pada tahun ini, pertumbuhan otomotif di Indonesia sangat membanggakan dan menunjukan perekonomian Indonesia berangsur pulih, mengingat pasar otomotif Indonesia hanya menjual 940.027 unit pada tahun lalu.

Jika melihat rata-rata penjualan mobil sebanyak 90.000 unit tiap bulannya, sangat mungkin target 1.050.000 unit tahun ini dapat terlampaui.

Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) sudah ada yang membocorkan mobil terbaru 2017 miliknya. Berikut, Pricebook berikan model-model terbaru yang akan hadir tahun depan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Toyota Innova Venturer

Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan varian multipurpose vehicle (MPV) paling mewahnya yaitu Toyota Innova Venturer pada kuartal pertama tahun depan.

Toyota Innova Venturer menawarkan desain yang lebih mewah seperti panel plastik hitam di sekeliling bodi yang dipadukan aksen krom untuk mengesankan ketangguhan sebuah SUV.

Belum lagi, balutan kulit hitam di seluruh jok dengan model captain seat di baris kedua. Toyota masih mengandalkan mesin yang sama yaitu mesin bensin 2,0-liter dan diesel 2,4-liter dengan transmisi manual 5-kecepatan ataupun otomatis 6-kecepatan. Tentunya, Toyota Venturer akan berada di atas Innova Q A/T.

Dari foto-foto brosur yang beredar di dunia maya, sudah gamblang menguak apa saja fitur baru yang membuat harganya naik lebih dari Rp 440 jutaan. Toyota Innova Venturer menawarkan gril krom pada lampu kabut dan kit yang pada bagian bawah bodi.

Toyota Innova Venturer mengusung fitur AC dan panel instrumennya menggunakan layar TFT yang lebih tajam serta mampu menampilkan gambar atau tulisan lebih detail.

Toyota Innova Venturer memiliki fitur keamanan berupa tujuh kantung udara di semua sisinya. Tujuh kantung udara itu terletak di depan (pengemudi dan penumpang), satu untuk dengkul pengemudi, dua untuk pelindung kepala sisi kanan dan kiri mobil dan pelindung samping sisi kanan-kiri.

Toyota Innova Venturer juga sudah mengadopsi fitur Vehicle Stability Conctol (VSC), Hill Start Assist (HSA), ABS, EBD, dan ISOFIX. Semua itu didukung dengan kenyamanan kelas atas yaitu jok tipe captain seat di bagian tengah.

2. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meningkatkan kemampuan MPV Suzuki Ertiga dengan menambahkan mesin diesel yang tangguh dan irit bahan bakar minyak (BBM). Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai menyukai mesin mobil bertenaga diesel seperti Isuzu Panther dan big sport utility vehicle (SUV) Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Suzuki Ertiga diesel akan mengusung mesin commonrail turbodiesel D13A 4-silinder 1,3-liter dan tambahan sistem hybrid bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem itu berupa mild hybrid yang mengandalkan Integrated Starter Generator (ISG) yang menggantikan peran alternator biasa.

Sistem itu dapat mengumpulkan energi dari hasil pengereman dan menyimpannya untuk kemudian menstabilkan aliran listrik untuk mesin maupun fitur lainnya. Hasilnya, tenaga diputaran rendah lebih kuat dan membantu efisiensi dengan sistem auto start/stop engine.

PT Suzuki Indomobil Sales akan meluncurkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pada kuartal pertama 2017 dengan pilihan transmisi manual 5-kecepatan. Bocoran harganya, tidak terlalu jauh dari Ertiga tipe GX transmisi otomatis.

3. Mazda CX-3

PT Mazda Motor Indonesia (MMI) telah memamerkan satu crossover keren yang mengundang banyak pertanyaan dan ditunggu kehadirannya yaitu Mazda CX-3 di Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016 bulan Agustus lalu.

Meskipun Mazda Indonesia (MMI) hanya memperkenalkan saja dan belum merilis detail data spesifikasi. Kehadiran CX-3 merupakan sinyalemen kuat MMI akan segera menjualnya di Indonesia.

Peralihan manajemen dan penjualan Mazda Motor Indonesia ke grup Eurokars tidak mempengaruhi kinerja Mazda di Indonesia. Bahkan, Eurokars akan lebih leluasa untuk memasukkan model-model Mazda apa pun termasuk CX-3 dan MX-5 terbaru.

Belum ada kepastian kapan CX-3 akan meluncur, tapi namanya sudah pernah terpampang di Departemen Perindustrian dan semoga dapat terealisasi pada kuartal pertama 2017.

Kemungkinan, ada dua varian yang dimasukkan pihak Eurokars ke Indonesia. Pertama trim GT sebagai varian tertinggi dan trim GT-S untuk varian rendah. Untuk mesin kemungkinan diperkuat SKYACTIV 2,0-liter bertenaga 150 hp dan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-kecepatan.

4. Wuling Bao-jun dan Hongguang

Pabrikan mobil asal Tiongkok Wuling Motors sangat serius menggarap pasar Indonesia. Wuling Motors pun telah menjadi anggota GAIKINDO pada September lalu dan membangun fasilitas perakitan kendaraan di Delta Mas, Cikarang akan terus berjalan untuk memulai fase produksi pada 2017.

Pabrik Wuling Motors mampu memproduksi mobil sebanyak 120 ribu unit per tahun dan Wuling menargetkan membuka 50 dealer hingga akhir 2017. Wuling Motors pun telah memperkenalkan sebanyak dua model yaitu Wuling Bao-jun dan Hongguang.

Honggguang menyasar pasar entry level dengan pilihan mesin 1,2-liter P-TEC dan 1,5-liter P-TEC DVVT dan terbagi menjadi tiga varian, Basic, Comfort dan Comfortable.

Wuling Motors akan menyasar segmen LMPV dengan kisaran harga mulai Rp150 jutaan. Sementara Bao-jun menyasar segmen MPV medium dengan fitur lebih lengkap dan menawarkan kemewahan lebih baik. Juga ada dua pilihan mesin yang ditawarkan, 1,5-liter P-TEC CVVT dan 1,8-liter VVT-i Tech dengan transmisi manual 5-kecepatan.

5. Mitsubishi XM Concept

Mitsubishi pun memamerkan XM Concept pada GIIAS 2016 yang merupakan model LMPV. Mitsubishi XM Concept akan berhadapan dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Mitsubishi XM Concept menggabungkan konsep antara SUV dengan MPV. Mitsubishi membuat Mitsubishi XM Concept akan mengusung mesin 1,5-liter dengan skema penggerak roda depan yang berdiri di konstruksi monokok (body on frame).

Fasilitas perakitan terbaru yang akan berada di bawah naungan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) sedang dalam tahap pembangunan dan mulai beroperasi pada Oktober 2017 untuk memproduksi XM Concept dan Pajero Sport.

Baca juga artikel:
Volvo Akan Pasangkan Aplikasi Skype di Mobil
Volkswagen Golf GTI Clubsport Edition 40 Hanya Ada 1,000 Unit di Dunia
Lamborghini Urus, SUV Lamborghini Pertama Berteknologi Hybrid

Artikel Lainnya

Komentar